Connect with us

Seluruh calon jemaah haji kota Tangsel diharapkan menerima keputusan pembatalan keberangkatannya ke tanah suci tahun 2020, karena ini keputusan yang tepat dalam rangka menjaga kesehatan, keselamatan, dan keamanan jemaah haji.

Demikian disampaikan Kepala Kantor Kemenag Tangsel, Abdul Rojak, pada acara Sosialisasi KMA 494 Tahun 2020 Tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji yang dilaksanakan pada Ahad (07/06/2020) bertempat di BLK Darul Hikmah Pamulang, Tangsel.

Turut hadir pada acara tersebut Kasi PHU Kemenag Tangsel, Tutun HS, Ketua MUI Tangsel sekaligus pimpinan KBIHU Darul Hikmah Pamulang, KH. Saidih, Kabag Kesra Pemkot Tangsel, Heli Slamet Pembimbing KBIHU Darul Hikmah, KH. Arif Rahman Hakim dan Sofyan Mastas, serta para jemaah Haji KBIHU Darul Hikmah Pamulang berjumlah 100 orang.

Advertisement

Dalam kesempatan tersebut Kepala Kantor juga menjelaskam pembatalan pemberangkatan jemaah haji tahun 1441 H/2020 ini secara resmi telah diumumkan oleh Menteri Agama RI pada Jum’at (05/06/2020). Bahkan Menag juga telah mengeluarkan surat Keputusan Menteri Agama Nomor 494 Tahun 2020 tentang Pembatalan Pemberangkatan Jemaah Haji musim Penyelenggaraan Haji Tahun 1441 H/2020.

“Dalam KMA Menang itu dijelaskan bahwa pembatalan pemberangkatan jemaah haji tahun 2020 ini murni karena alasan kesehatan, keselamatan, dan keamanan jemaah haji Indonesia karena saat ini sedang terjadi pandemi Global Covid-19 yang penyebarannya sampai ke Arab Saudi sebagai tempat tujuan ibadah haji. Dikhawatirkan apabila Indonesia tetap mengirimkan jemaah hajinya akan berdampak munculnya masalah dalam kesehatan, keselamatan, dan keamanan jemaah haji,” jelas Kepala Kantor.

Ditambahkannya, seluruh setoran uang BPIH jemaah haji dalam kondisi aman, masih utuh bahkan bagi jemaah haji yang ingin mengambil uang BPIHnya bisa diambil kapan saja, seperti yang tercantum dalam KMA.

“Jadi jemaah haji jangan takut uangnya hilang, kapan pun bisa diambil kembali,” tegasnya.

Advertisement

Kepala Kantor berharap seluruh calon jemaah haji kota Tangsel dapat secara legowo menerima keputusan pembatalan pemberangkatan haji ini dan berpesan untuk tetap menjaga kesehatan dan senantiasa bersabar serta bertawakkal kepada Allah SWT agar diberikan umur panjang sehingga dapat berangkat haji tahun depan. (afm/fid)

Populer