Cegah Wabah COVID-19, NU Care-Lazisnu dan Banom NU di Tangsel Dirikan ‘Posko NU Peduli’

By on Rabu, 25 Maret 2020

Lembaga Amil Zakat Infaq Shodaqoh Nahdlatul Ulama (NU Care-Lazisnu) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bersama Badan Otonom (Banom) NU meluncurkan Posko NU Peduli Covid-19 di Kantor PCNU Kota Tangsel di Jalan Ciater Raya, Ciputat, Minggu (22/3/2020).

Posko Peduli Covid-19 ini diluncurkan karena situasi di negara Indonesia sedang terserang wabah Covid-19 atau virus corona yang sampai saat ini sudah banyak warga terinfeksi oleh virus tersebut. Sehingga jika virus ini tidak diatasi virus akan menyebar dan mengakibatkan penyebarannya bertambah luas.

Ketua NU Care-LAZISNU Tangsel Rizky Subagya mengatakan launching Posko NU Peduli COVID-19 yang diinisiasi oleh Lazisnu Tangsel ini adalah salah satu program tanggap bencana yang harus dilakukan, apalagi bencana penyakit virus corona cukup menular.

“Selanjutnya kita akan melakukan pencegahan-pencegahan di beberapa wilayah yang tersuspek virus corona dengan membagikan masker, handshop, hand senitizer, dan penyemprotan anti virus Corona,” ungkap Rizky Subagya.


Di tempat yang sama, Bendahara Pimpunan Pusat Nu-Care Lazisnu KH Abdullah Mas’ud menjelaskan, bahwa fungsi dari posko ini memiliki Beberapa fungi. Antara lain yaitu, pertama untuk fungsi edukatif/promotif yang mana posko akan memberikan pemahaman edukatif untuk mencegah virus Corona (COVID-19) sehingga masyarakat bisa tahu cara menghindari virus tersebut. Kedua, fungsi preventif (pencegahan) yaitu penyemprotan masjid, musala, pondok pesantren dan sekolah-sekolah di Tangsel. Ketiga, fungsi Koordinatif yakni posko ini akan menyambungkan informasi ke pihak-pihak terkait jika ada warga Tangsel yang dicurigai atau terinfeksi virus itu.

“Jaga kesehatan dimanapun berada dengan mencuci tangan ketika selesai melakukan aktifitas, karena kita tidak tahu virus itu menularkan lewat benda apa,” pesan Abdullah Mas’ud .

Di tempat yang sama, Ketua GP Ansor Kota Tangsel Ahmad Fauzi mengungkapkan wabah COVID-19 sudah menjadi wabah internasional, bukan hanya di Indonesia tetapi sudah banyak negara-negara tersangkit virus itu.

“Saya berharap semua kader Ansor Se-Kota Tangerang Selatan untuk menjaga kesehatan secara lahir batin. Dengan menjaga kebersihan dan memperbanyak Sholawat Tibbil Qulub,” harap Fauzi. (red/fid)