Cek Fakta: [SALAH] “Ketua KPU Imbau Masyarakat Hormati Hasil Pemilu Walau Banyak Kecurangan”

By on Rabu, 9 Oktober 2019
[SALAH] “Ketua KPU Imbau Masyarakat Hormati Hasil Pemilu Walau Banyak Kecurangan”

Unggahan screenshot berita media daring republika.co.id bertajuk “Ketua KPU Imbau Masyarakat Hormati Hasil Pemilu Walau Banyak Kecurangan” yang dibagikan akun Facebook Vanessa Yumi atau @vanessa.yumi.98 adalah tidak benar adanya atau hasil suntingan.

Tajuk berita yang benar dari gambar tersebut adalah “Ketua KPU Imbau Masyarakat Hormati Hasil Pemilu 2019” yang ditulis oleh Dian Erika Nugraheny dan ditayangkan republika.co.id pada Jumat, 31 Mei 2019.

=====

KATEGORI: Manipulated Content

=====

SUMBER: Media Sosial Facebook

=====

NARASI:

“Ketua KPU Imbau Masyarakat Hormati Hasil Pemilu Walau Banyak Kecurangan,” unggah akun Facebook Vanessa Yumi atau @vanessa.yumi.98, Selasa (8/10).

=====

PENJELASAN:

Akun Facebook Vanessa Yumi atau @vanessa.yumi.98 membuat unggahan berupa screenshot gambar berita media daring republika.co.id. Dalam gambar tersebut tertulis tajuk “Ketua KPU Imbau Masyarakat Hormati Hasil Pemilu Walau Banyak Kecurangan”.

Masih dalam gambar itu, terdapat juga tulisan yang berbunyi “MANTAB!!! Satu2nya Di Dunia Ada Negara Minta Rakyatnya Hormati “Perampokan” Brutal!! #RezimKeblinger”.

Selain itu, akun @vanessa.yumi.98 menambahkan narasi yang berbunyi “GILA LOE PADA…,” tulisnya, Selasa (8/10).

Setelah dilakukan penelusuran, diketahui gambar yang diunggah akun @vanessa.yumi.98 adalah suntingan dari berita republika.co.id yang berjudul “Ketua KPU Imbau Masyarakat Hormati Hasil Pemilu 2019”. Berita ini ditulis oleh Dian Erika Nugraheny yang ditayangkan pada Jumat, 31 Mei 2019.

Berikut isi berita lengkapnya:

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman, mengimbau masyarakat untuk menghormati hasil Pemilu 2019. Semua pemimpin yang terpilih lewat pemilu perlu didukung untuk memimpin Indonesia lima tahun mendatang.

“Pemilu 2019 sudah kita laksanakan, puasa ramadhan sudah kita tunaikan. Jadi mari sama-sama kita raih kemenangan untuk semua, karena sebetulnya ini kemenangan bersama. Siapa pun yang terpilih, mereka adalah pemimpin kita, mau 01 mau 02, mau partai nomor 1, 2, 3, sampai 20,” ujar Arief kepada wartawan di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (31/5).

Dia melanjutkan, suka atau tidak suka, para peserta pemilu terpilih akan memimpin Indonesia dalam lima tahun ke depan. Baik di tingkat eksekutif maupun legislatif di pusat hingga daerah telah terpilih berdasarkan suara terbanyak.

“Mereka yang akan memimpin kita lima tahun ke depan. Ya mari kita sama-sama jaga supaya lima tahun ke depan cita-cita bangsa ini bisa dicapai,” tambah Arief.

Diketahui juga, suntingan berita dari republika.co.id ini adalah pengulangan dari yang pernah dipriksa oleh Mafindo pada Kamis, 6 Juni 2019.
=====

REFERENSI:

1. https://archive.fo/d6pBA
2. https://www.facebook.com/vanessa.yumi.98
3.https://republika.co.id/berita/nasional/politik/psd63s409/ketua-kpu-imbau-masyarakat-hormati-hasil-pemilu-2019/tradisiramadhan?fbclid=IwAR0fYD_HpsN1eeh4DV7ur8ibs7AXpJGaR6wY6xLSy8570_knRLOtXEAYeoU
4.https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/908201006179102/

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/996053814060487/

Copyright ©