Connect with us

Cek Fakta

Cek Fakta: [SALAH] Vlogger Meninggal Dunia Karena Memakan Tokek Beracun

[SALAH] Vlogger Meninggal Dunia Karena Memakan Tokek Beracun

Hasil periksa fakta Ari Dwi Prasetyo.

Foto di judul berbeda dengan isi berita. Foto dalam judul artikel tersebut merupakan Youtuber asal Kamboja yang bernama Ah Lin Tuch sedangkan isi artikel menampilkan informasi mengenai pria 35 tahun bernama Sun, pria asal China yang merupakan vlogger di platform streaming DouYu.

=====
KATEGORI: Koneksi /Keterkaitan yang Salah

Advertisement

=====
NARASI:
“Makan Tokek Beracun, Vlogger Ini Hembuskan Nafas Terakhir Saat Siaran Langsung, Netizen: “Nyari Duit Gitu Amet!” “

=====

https://archive.vn/5CP0R

======

PENJELASAN:
Sebuah akun Facebook membagikan artikel dari situs Tersentak-kabar[dot]blogspot[dot]com dengan judul “Makan Tokek Beracun, Vlogger Ini Hembuskan Nafas Terakhir Saat Siaran Langsung, Netizen: “Nyari Duit Gitu Amet!”. Didalam unggahan tersebut memuat foto seorang wanita yang sedang memegang kadal.

Advertisement

Isi artikel tersebut diketahui bersumber dari artikel situs Palingseru.com yang berjudul “Vlogger Ini Meninggal saat Siaran Langsung Setelah Makan Kelabang dan Tokek Beracun Hidup Hidup”. Pada artikel tersebut membahas mengenai pria 35 tahun bernama Sun, pria asal China yang merupakan vlogger di platform streaming DouYu. Sun diduga meninggal dunia dalam sesi siaran langsung setelah makan kelabang dan tokek beracun hidup-hidup.

Namun setelah melakukan penelusuran, foto orang di dalam judul artikel berbeda dengan orang di dalam isi artikel tersebut. Orang yang ditampilkan dalam judul merupakan Ah Lin Tuch, seorang Youtuber asal Kamboja. Youtuber ini diketahui kerap membuat konten memakan berbagai macam hewan di alam. Selain itu pada channel Youtubenya “Natural Life TV”, Ah Lin Tuch diketahui masih mengunggah kegiatannya pada 21 Mei 2022.

Berdasarkan penelusuran tersebut klaim vlogger meninggal dunia karena memakan tokek beracun adalah keliru dan termasuk dalam kategori koneksi /keterkaitan yang salah.

=====
REFERENSI:

Advertisement

Vlogger Ini Meninggal saat Siaran Langsung Setelah Makan Kelabang dan Tokek Beracun Hidup Hidup

Cambodian ‘Survivalist’ YouTubers Under Fire for Skinning Endangered Animals and Eating Them

Turnbackhoaks

Advertisement

Populer