Connect with us

Cek Fakta

Channel Youtube Teropong Istana Sebarkan Video Hoaks “Azab Tukang Nyinyir, SBY Semakin Parah, Dokter Menyerah…”

[SALAH] Video “BERITA VIRAL ~ AZAB TUKANG NYI NYIR BERAKHIR BEGINI ~ BERITA TERBARU HARI INI SBY DEMOKRAT”

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Faktanya, Susilo Bambang Yudhoyono masih dalam kondisi sehat. Video tersebut juga tidak memberitakan tentang kondisi terkini SBY, melainkan memberitakan tentang kritik terhadap pesawat kepresidenan yang berganti warna.

= = = = =

Advertisement

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi/Manipulated Content

= = = = =

SUMBER: YouTube
https://archive.ph/7mm72

= = = = =

NARASI:

Advertisement

“BERITA VIRAL ~ AZAB TUKANG NYI NYIR BERAKHIR BEGINI ~ BERITA TERBARU HARI INI SBY DEMOKRAT”

NARASI DALAM GAMBAR:

“AZAB TUKANG NYI NYIR…!!!
SBY SEMAKIN PARAH
DOKTER MENYERAH TAKUT ADA HAL ANEH TERJADI”

= = = = =

Advertisement

PENJELASAN:

Kanal YouTube “TEROPONG ISTANA” mengunggah sebuah video dengan judul “BERITA VIRAL ~ AZAB TUKANG NYI NYIR BERAKHIR BEGINI ~ BERITA TERBARU HARI INI SBY DEMOKRAT” pada 5 Agustus 2021. Video tersebut disertai dengan foto thumbnail yang menunjukkan Susilo Bambang Yudhoyono tengah berbaring di ranjang rumah sakit dan dikelilingi oleh tenaga kesehatan yang menggunakan baju hazmat.

Berdasarkan hasil penelusuran, SBY masih dalam kondisi sehat. Hal ini dapat dilihat dalam foto yang diunggah oleh Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat, Herzaky Mahendra, pada 7 Agustus 2021 yang menunjukkan SBY tengah berdiri di samping lukisan karyanya. Selain itu, pada 13 Agustus 2021, SBY juga terlihat ikut merayakan ulangtahun Agus Yudhoyono.

Video yang beredar di YouTube itu sendiri tidak memberitakan tentang kondisi terkini SBY, melainkan memberitakan mengenai kritik terhadap pesawat kepresidenan yang berganti warna menjadi merah putih.

Advertisement

Foto thumbnail yang digunakan pada video tersebut merupakan foto hasil suntingan yang pernah beredar sebelumnya. Artikel terkait dengan foto hasil suntingan tersebut telah dimuat dalam situs turnbackhoax.id dengan judul artikel “[SALAH] “LUPA SEMUANYA , SBY SEMAKIN PARAH KASIHAN! SBY JADI BEGINI” pada 17 Januari 2021 lalu.

Dengan demikian, video yang diunggah oleh kanal YouTube “TEROPONG ISTANA” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Dimanipulasi/Manipulated Content.

= = = = =

REFERENSI:

Advertisement

https://www.kompas.com/tren/read/2021/08/08/173000965/kisah-lukisan-sby–antara-hobi-dan-ekspresi-cinta-kepada-ani-yudhoyono?page=all

[SALAH] “LUPA SEMUANYA , SBY SEMAKIN PARAH KASIHAN! SBY JADI BEGINI”

Copyright ©

Advertisement

Populer