DKP3 Tangsel Selenggarakan Gemarikan dan Gelar Produk Perikanan

By on Senin, 26 November 2018

Dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) ke -10 dan Hari Ikan Nasional (HARKANNAS) ke-5, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Tangsel menyelenggarakan kegiatan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) dan Gelar Produk Perikanan pada hari Sabtu, tanggal 24 November 2018 di Lapangan Sunburst, BSD City, Serpong.

Kepala DKP3,Nur Selamat, menjelaskan, kegiatan ini mengajak masyarakat untuk menyukai atau mengkonsumsi ikan.

“Tingkat konsumsi makan ikan kita kurang, sehingga setiap tahun mengadakan kegiatan Gemarikan, agar masyarakat mau mengkonsumsi ikan setiap harinya,” ungkapnya.

Gerakan ini akan rutin digalakan, sehingga akan semakin banyak anak-anak yang mengkonsumsi ikan.

“Mengkonsumsi ikan dan hasil laut lainnga sangat bagus untuk gizi dan pertumbuhan anak-anak,” ungkapnya.

 

Karena itu, melalui gerakan yang dilakukan seperti ini, diharapkan bisa tercipta makanan olahan berbasis ikan yang nantinya bisa menarik untuk dimakan oleh anak-anak.

Kegiatan ini juga diisi oleh berbagai acara yakni Senam Gemar Ikan, Gelar Produk Perikanan, Lomba Yel-Yel Gemarikan, Lomba Mewarnai, Talkshow Manfaat ikan, Pasar Ikan Murah, Lomba Inovasi Produk Perikanan, Bakar Ikan Bersama, Demo Produk Olahan Perikanan.

Ia mengatakan, kegiatan lomba masak berbahan dasar ikan ini merupakan salah satu bentuk sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) yang dicanangkan oleh pemerintah pusat.

Sementara Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie, mengajak masyarakat khususnya anak-anak untuk mengkonsumsi ikan.

“Bagi Tangsel tidak jadi soal meski bukan daerah laut, namun kita punya danau atau empang yang dijadikan tempat budidaya ikan,”katanya.

Menurutnya ikan memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk kesehatan dan kecerdasan generasi bangsa. Sehingga, sudah saat masyarakat mulai membiasakan diri mengonsumsi salah satu hasil kekayaan pangan lndonesia ini. (rm/fid)

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.