Connect with us

Keberhasilan Provinsi Banten menjadi juara umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional merupakan sejarah panjang, pasalnya untuk kali pertama pada MTQ Nasional ke-XXVI yang diselenggarakan di Nusa Tenggara Barat, Provinsi Banten baru mampu meraih juara umum tersebut.

Ketua Dewan Hakim MTQ Said Agil al-Munawar mengatakan, Dewan hakim setelah menimbang, mengingat, memperhatikan, dan memutuskan.

“Keputusan dewan hakim MTQ ke-26 tentang penetapan juara umum dan peringkat 10 besar adalah pertama, Provinsi Banten (juara umum),” ujarnya dalam penutupan MTQ di Islamic Centre NTB, Mataram, Sabtu (6/8) malam.

Advertisement

Atas raihan prestasi tersebut, Gubernur Banten Rano Karno menyampaikan terimakasih kepada para peserta MTQ, para kiai dan ulama yang telah memberikan bimbingan kepada para peserta, dan semua pihak yang berkontribusi atas prestasi terbaik tersebut, termasuk Sekda Banten Ranta Suharta sebagai ketua umum LPTQ Banten serta seluruh jajaran SKPD terkait di Banten.

“Setelah penantian panjang bertahun-tahun mengerahkan seluruh kemampuan yang kita miliki sebelumnya, Alhamdulillah, tahun ini Banten berhasil merebut Juara Umum Musabaqah Tilawatil Quran Tingkat Nasional yang berlangsung di Lombok, Nusa Tenggara Barat,” kata Gubernur Banten, Rano Karno.

Menurut Rano, ini adalah sejarah perjalanan panjang, selama Kafilah Banten mengikuti MTQ baru kali ini kita meraih juara umum.

“Tentu ini kita harus sikapi dengan syukur dan menjadi semangat untuk terus membenahi diri,” katanya.

Advertisement

Hal yang perlu dimaknai dari kegiatan tersebut, kata Rano, yakni spirit Iqra atau membaca Alquran.

“Bacaan atau iqra itu menjadi tanggung jawab kita bersama,” katanya.

MTQ Nasional Ke-26 yang digelar 28 Juli-7 Agustus ini ditutup secara resmi oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Berikut ke 10 peringkat 10 juara umum MTQ XXVI:

Advertisement

1.Banten
2.DKI Jakarta
3.Kepulauan Riau
4.Nusa Tenggara Barat
5.Jawa Tengah
6.Riau
7.Sumatera Barat
8.Aceh
9.Papua Barat
10.Jawa Barat

(jjs/fid)

Advertisement

Populer