Connect with us

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) telah melaksanakan sistem uji coba Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) bersama 157 operator secara bersama bertempat di SMPN 11 Tangsel, Jumat (29/6) kemarin.

“Kita melakukan ujicoba ini untuk mengukur kemampuan operator dalam melakukan pendaftaran secara online. Sehingga, dapat meminimalisasi jumlah permasalahan yang sering terjadi,” kata Taryono Kepala Dindikbud Tangsel, di SMPN 11 Kota Tangsel.

Untuk tahun ini Dindikbud Tangsel mendata ada 21.400 siswa lulus Sekolah Dasar (SD).Sementara diprediksikan sebanyak 50 persennya sudah melakukan pendaftaran ke sekolah-sekolah SMP swasta.

Advertisement

“Jadi kurang lebih siswa yang akan masuk ke dalam sistem. Akan berjumlah berkisar 12.000. Karena ditambah dengan jumlah siswa yang lulus dari MI atau Madrasah ibtidaiyah,” kata dia.

Ditambahkan dari 12.000 siswa itu, yang akan diterima hanya sekitar 6.000 siswa. Sehingga bagi yang tidak lolos bisa mendaftar ke sekolah-sekolah SMP swasta.

“Sistemnya masih seperti tahun lalu. Siswa diminta memilih tiga sekolah. Sehingga jika tidak diterima di pilihan pertama, bisa bersaing di pilihan kedua, jika tidak lolos juga bisa diseleksi di pilihan ketiga. Jika tidak lolos juga baru dinyatakan tidak lolos PPDB online,” katanya. (red/fid)

Advertisement

Populer