Connect with us

Tangerang Selatan

MRC 2021 Kemenag RI, Tim Robotik MTsN 1 Tangsel Raih Juara 1

Published

on

Tim Robotik MTsN 1 Tangsel Raih Juara 1 MRC 2021 Kemenag RI
Tim Robotik MTsN 1 Tangsel berhasul meraih juara 1 pada ajang Madrasah Robotic Competition (MRC) tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Kementerian Agama RI.
Tim Robotik MTsN 1 Kota Tangsel diwakili oleh Muhammad Nufail Arinda Fattahillah Kelas 9 Nadia Elvaretta Arinda Safirani Kelas 8.
Event ini diikuti oleh semua jenjang, mulai dari Madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah, dan Aliyah. Pendaftaran terbuka untuk semua madrasah se-Indonesia.
Kategori MRC 2021 yang dikompetisikan ada dua yaitu Rancang Bangun Robot dan Mobile Robot, sedangkan tema yang diusung adalah Robots For Global Pandemic.
Penyelengaraan MRC dilakukan secara online dan offline dengan Protokol Kesehatan yang ketat. Untuk kategori Rancang Bangun dilakukan secara online dan untuk mobile robot secara offline, di mana tahapannya adalah madrasah mengirim proposal beserta video ke Panitia, kemudian Panitia akan menyeleksi menjadi 30 besar.
Tim MTsN 1 Kota Tangsel berhasil masuk 30 besar yang pengumumannya pada September 2021. Pada tanggal 2-3 Oktober 2021 diadakan seleksi secara online untuk menentukan 6 besar. Tim MTsN 1 Tangsel menjadi salah satunya dan berhak mengikuti Grand Final MRC 2021 di ICE BSD yang dilaksanakan pada tanggal 16-17 Oktober 2021.
Dalam pelaksanaan Grand Final MRC 2021 yang diadakan di ICE BSD, Tim MTsN 1 Kota Tangsel berhasil meraih juara 1 dalam kategori Rancang Bangun Robot. Acara penghargaan MRC 2021 dihadiri oleh Sekjen Kemenag RI, Dirjend Pendidikan Islam, Direktur KSKK, Direktur GTK dan Bupati Tangerang diwakili oleh Asda 3.
Tim Robotik MTsN 1 Tangsel mencoba mengembangkan suatu alat yang dinamakan SIKARU (Pendeteksi Kapasitas Ruangan dan penerapan protocol Kesehatan Otomatis). Alat tersebut menginformasikan jumlah pengunjung yang keluar masuk dalam satu ruangan seperti restoran, apotik, supermarket, dan lainnya, di mana project tersebut dilengkapi dengan rangkaian alat pemeriksa suhu tubuh, dispenser handsanitazer, serta penanda pelanggaran physical distancing di ruang tunggu yang semua itu bekererja secara otomatis.
Kepala MTsN 1 Tangsel, Ulik Widiantoro, menyampaikan ucapan terimakasih kepada tim Robotik MTsN 1 Tangsel sekaligus memberi apresiasi yang tertinggi atas prestasi pada Kompetisi Robotik Tingkat Nasional Kementerian Agama RI.
“Walaupun dalam masa pandemi, hal ini tidak menyurutkan siswa-siswi untuk berprestasi, apalagi project yang dibuat adalah untuk membantu menanggani pandemi yang sedang terjadi, semoga projectnya bisa bermafaat dan bisa diaplikasikan,” ucapnya bangga. (afm/fid)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer