Connect with us

Jajaran Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Tangerang Selatan, Banten masa khidmat 2020-2025 resmi dilantik. Pelantikan dilangsungkan di salah satu Hotel di Serpong, Tangerang Selatan, Ahad (29/11) malam. Pada momentum itu, PCNU Tangsel telah memetakan program terbaiknya untuk kejayaan jamiyah dan jamaah NU di Tangsel.

Ketua PCNU Tangsel H Abdullah Mas’ud mengatakan, program pertama adalah penguatan kaderisasi di semua level kepengurusan. Pada program itu, PCNU Tangsel menargetkan memiliki 10 ribu kader penggerak.

Menurut H Mas’ud, mayoritas amaliyah masyarakat Tangsel adalah ahlussunnah wal jamaah. Karena itu, tugas NU adalah meningkatkan kesadaran para jam’iyah. Lalu, program itu pun akan diperkuat oleh pembentukan kepengurusan hingga tingkat RT dan RW.

Advertisement

“Jadi bagaimana kita menjangkau ke RT RW,” tutur H Mas’ud.

Menurut H Mas’ud, program bidang pendidikan PCNU Tangsel menargetkan setiap kecamatan dapat didirikan sekolah unggulan sebagai rujukan yang pengelolaannya berada di bawah LP Ma’arif NU.
“Di bidang ekonomi, PCNU akan membangun ekonomi keumatan. Langkah ini selain untuk kemandirian organisasi, juga untuk pemberdayaan warga NU. Kita nanti akan membuat holding company, namanya mungkin nanti PT BumiNU Tangsel, Badan Usaha Milik Nahdlatul Ulama Tangerang Selatan. Nanti disitu ada beberapa perusahaan di bawahnya,” kata dia menegaskan.

Sementara di bidang kesehatan, PCNU Tangsel juga bakal membentuk lembaga kesehatan NU Medical Center di setiap kecamatan.

”Lembaga kesehatan ini kita percayakan kepada anak muda yang sekarang sedang menyelesaikan studi S3 di China di bidang kesehatan,” katanya.

Advertisement

Kemudian, di bidang media, PCNU Tangsel telah menjalin kerja sama dengan NU Online yang berada di bawah PBNU untuk mendirikan NU Online Banten.

“Di bawah LTN, kita sudah menjalin kerjasama dengan NU Online Pusat, dan nanti NU Online perwakilan Banten dipercayakan kepada kita,” tuturnya.

Hal yang tidak kalah penting adalah menggerakkan bidang filantropi yang selama ini sejak NU berdiri menjadi napas NU yakni menumbuhkan kedermawanan.

“Insyallah kita kembangkan lembaga wakaf dan sedekah NU. Kalau LAZISNU ini untuk merespon hal-hal yang mendesak, lebih konsumtif arahnya, tapi yang jangka panjang adalah lembaga wakaf,” paparnya.

Advertisement

Selain itu, salah satu target terpenting adalah pembangunan kantor PCNU Tangsel. Sebab, hingga saat ini PCNU Tangsel belum memiliki kantor sendiri.

“Ini penting karena kantor ini kan rumah, pusat komunikasi dan aktivitas dimana gerakan-gerakan bisa kita rumuskan disitu,” katanya.
Pembangunan Kantor PCNU Tangsel sendiri menjadi amanat pertama kepengurusan PCNU Periode 2020-2025 yang harus diwujudkan.

“Ini tadi juga kita luncurkan Gerakan Wakaf Pembangunan Kantor PCNU Kota Tangerang Selatan. Di samping itu, tadi kita juga launching Gerakan Sensus Warga NU Kota Tangsel,” pungkasnya.

Sementara itu, Rais Syuriyah PCNU Tangsel KH Zainudin Abdullah menuturkan, kepenguruasan NU Tangsel periode 2020-2025 dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Kata Kiai Zainudin, kemurahan dan kekompakan pengurus menjadi kunci dari berjalannya organisasi NU.

Advertisement

Dia menerangkan, menjadi pengurus NU di Tangsel memang mendapatkan tantangan tersendiri. Rata-rata masyarakat belum kenal dengan NU.

“Meski begitu mereka rata-rata belum akrab dengan NU secara jamiyah untuk itu tugas pertama menjamiyahkan jamah yg berserakan,” tuturnya.

Pelantikan dipimpin langsung Ketua PBNU KH Manan Abul Ghani. Para pengurus terlihat khidmat membacakan ikrar yang duucapkan Kiai Manan. Hadir pada pelantikan ini Ketua PWNU Banten KH Benyamin, Walikota Tangsel Hj Airin Rachmi Diany, Wakil Ketua MPR RI H Jazilul Fawaid dan ratusan warga NU Tangsel. (NU/red)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer