Pelayanan KIA di Kecamatan Setu Membludak

By on Selasa, 20 November 2018

Sebanyak 700 warga Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menyerbu pelayanan pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) bertempat di Kecamatan Setu, Minggu (18/11). Pelayanan KIA ini merupakan program rangkaian Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dalam rangka memperingati Hut Tangsel ke-10.

Sekretaris Kecamatan Setu, Saifudin, tidak menyangka dengan jumlah warga yang datang dalam pelayanan KIA ini. “Saya tidak menyangka bisa membludak seperti ini,”ungkapnya saat ditemui di Kecamatan Setu, Minggu (18/11).

Dia menjelaskan, sebelum diselenggarakan kegiatan tersebut, dirinya sudah memberitahukan kepada masing-masing kelurahan bahwa di hari Minggu selain ada kegiatan lomba dan gerak jalan sehat, di Kecamatan Setu bekerjasama dengan Disdukcapil membuka pelayanan KIA. “Wow 700 warga datang untuk membuat KIA untuk anak mereka, luar biasa, antuasias mereka begitu tinggi, kepedulian mereka akan kepemilikan dokumen kependudukan pun tinggi, ini terlihat dari membludaknya pelayanan KIA di Setu,”jelasnya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangsel, Dedi Budiawan, mengucapkan rasa terima kasih kepada masyarakat yang datang untuk membuat KIA. “Kita akan buka pelayanan sampai malam hari, ini dilihat dari membludaknya warga yang datang untuk membuat KIA,”ujarnya.

Dedi mengungkapkan berbagai manfaat kepemilikan KIA untuk anak. Banyak manfaat yang bisa diperoleh jika anak memiliki KIA. Misalnya ketika anak mengalami kejadian di jalan ketika sedang tidak bersama anggota keluarga, akan mudah untuk ditelusuri asalnya. “Kalau misalnya ada musibah yang menimpa anak, seperti hilang atau kecelakaan, bisa dicek melalui identitas yang dimilikinya, karena alamat yang tercantum itu bukan alamat sekolah, tapi alamat rumah. Tentu saja kita tidak mengharapkan hal buruk menimpa anak-anak kita semua,” ujarnya.

Diskon diberbagai restoran dan toko buku. “Dengan menunjukan KIA kita bisa mendapatkan diskon,”ungkapnya. (dlt/fid)