Pemkot Tangsel Habiskan 20 Miliar Untuk THR ASN

By on Rabu, 13 Juni 2018

Para aparatur sipil negara (ASN) yang bertugas di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) segera menerima gaji ke-14 atau tunjangan hari raya (THR). Total keseluruhan nilai THR bagi ASN di Tangsel mencapai Rp20 miliar.

“Anggaran ini hanya untuk ASN,” kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Tangsel, Warman Syanudin di Ciputat, Senin (4/6/2018).

Menurutnya, ada sebanyak 5.200 orang ASN yang lebaran tahun ini akan menerima THR. Ia memperkirakan pada pekan ini sudah cair.

“Jumlah persisnya saya lupa. Cuma setiap bulan untuk bayar gaji ASN sekitar Rp20 milliar,” mantan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangsel ini menambahkan.

Untuk komponen Gaji ke-14 ini, menurut dia, sama dengan gaji terakhir yang diterima setiap pegawai. Hanya saja tanpa adanya sejumlah potongan rutin, seperti iuran Taspen, BPJS, infak dan lain sebagainya.

“Sekarang baru proses pengajuan SPP (surat permintaan pembayaran) dari SKPD, selanjutnya kami proses dan nanti ditransfer ke Bank. Minggu ini sudah bisa diambil,” ucapnya.

Diterangkan dia, Gaji ke-13 dan 14 ini diambil berdasarkan anggaran Dana Alokasi Umum (DAU) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Adapun 5.200 orang ASN Pemkot Tangsel itu, adalah seluruh pegawai struktural dan fungsional baik guru, tenaga kearsipan maupun tenaga kesehatan berstatus pegawai negeri sipil.

“Untuk pensiunan itu, setelah pensiun lepas dari kami, mereka langsung pencairan ke Taspen,” tandasnya. (plp/tri/fid)