Connect with us

Tangerang Selatan

Peringati Hari Lingkungan Hidup, Benyamin Davnie Ajak Masyarakat Kurangi Sampah Plastik

Wali Kota Benyamin Davnie menghadiri peringatan Hari Lingkungan Hidup se-dunia yang diselenggarakan oleh Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Orda Tangerang Selatan (Tangsel) bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang digelar di Taman Kota 1, BSD, Serpong. Minggu (12/6).

Benyamin Davnie menyampaikan komitmen Pemerintah Kota Tangerang Selatan dalam menjaga dan mencintai lingkungan. Dimana salah satunya akan memberlakukan pembatasan penggunaan kantong plastik.

“Langkah kita konkret saja, tidak lama lagi kami membuat pengaturan, membangkitkan kembali peraturan mengenai pembatasan penggunaan kantong plastik,” ujarnya.

Advertisement

Inovasi harus terus dilakukan sebagai pengganti kantong plastik. Salah satunya bisa memanfaatkan kulit singkong sebagai bahan dasar kantong plastik sehingga ramah lingkungan.

“Saya pernah lihat pembuatan kantong dengan bahan dasar kulit singkong, sehingga mudah terurai nantinya,” ucapnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa menjaga lingkungan adalah tugas bersama, karena di Tangerang Selatan salah satu sampah terbesar berasal dari limbah rumah tangga. Oleh karena itu pemilahan sampah dari rumah menjadi salah satu kunci untuk mengurangi sampah di Tangerang Selatan.

“Terutama sampah rumah tangga, oleh karenanya harus dibangkitkan kesadaran, memusnahkan sampah diawali dari rumah tangga. Tidak semua harus dibuang dari dapur ke kantong plastik tempat sampah kemudian ditaro di pinggir jalan, ini yang akan menyulitkan kita semua,” paparnya.

Advertisement

Terakhir, dia menekankan bahwa kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan juga harus dimulai dari sejak dini karena masalah sampah ini adalah urusan yang tidak akan pernah lepas dari setiap aktivitas.

“Oleh karena itu kita tidak akan pernah berhenti untuk melakukan giat dan usaha untuk mengurangi sampah dan peduli lingkungan,” tutupnya. (red/fid)

Advertisement

Populer