Connect with us

Pemerintahan

Pertengahan September 2013, Tangsel Akan Lakukan Operasi Yustisi

Pertengahan September 2013, Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) akan melakukan operasi yustisi kependudukan terhadap pendatang baru. Langkah ini untuk menekan lonjakan pendudukan yang mencapai 12 ribu orang pertahun.

Untuk merelaisasikan rencana ini, Pemkot Tangsel mengaku sudah berkoordinasi dengan Pengadilan Negeri, Kejaksaan, polisi, kecamatan/kelurahan, serta unsur SKPD lainnya.

“Bagi pednatang yang terjaring yustisi nanti, akan langsung disidang,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Toto Sudarto, Rabu (28/8/2013).

Advertisement

Dikatakan Toto upaya operasi yustisi dan membawanya keranah Tipiring dilakukan guna mencegah pendatang gelap di Kota Tangsel pasca lebaran, karena diprediksi lonjakan penduduk pasca lebaran akan mencapai 12 ribu jiwa atau satu persen dari jumlah penduduknya.

Sementara itu, Kabid Kependudukan Disdukcapil Kota Tangsel, Yusuf Ismail mengatakan nantinya operasi akan dilaksanakan di tujuh kecamatan di Tangsel dengan sistem acak.

Rencananya operasi yustisi yang digelar Pemkot Tangsel akan dilakukan secara maraton hingga akhir tahun 2013. Hal ini dilakukan guna tertib administrasi diwilayah pemekaran Kabupaten Tangerang ini.

[sindo/kt]

Advertisement

Populer