Presiden Jokowi Resmi Buka Asian Games XVIII

By on Minggu, 19 Agustus 2018

Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka pesta olahraga negara-negara Asia, Asian Games XVIII Tahun 2018, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8) malam.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahimAsian Games ke-18 tahun 2018, saya nyatakan dibuka,kata Presiden Jokowi yang didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla mengakhiri kata sambutannya.

Sebelumnya Presiden Jokowi mengatakan merasa bangga atas nama seluruh rakyat Indonesia, bangga dan merasa terhormat kedatangan tamu-tamu terhormat dari 45 negara.

Melalui Asian Games XVIII, lanjut Presiden, bangsa-bangsa se-Asia ingin menunjukkan bahwa semua bersaudara.

“Dalam Asian Games ke-18 , kita bangsa-bangsa se-Asia ingin mengunjukkan bahwa kita bersaudara, kita bersatu, kita ingin meraih prestasi,” tutur Presiden.

Sebelum Presiden Jokowi membuka acara tersebut, penyanyi Tulus dan Cakra Khan memimpin hadiri menyanyikan lagu Indonesia Raya, yang dilanjutkan dengan mengheningkan cipta untuk korban gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Selanjutnya Ketua INASGOC Erick Tohir menyampaikan laporan, disusul oleh Presiden Dewan Olimpiade Asia (OCA) Syekh Ahmad Al Fahad Al Sabah.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya Asian Games XVIII yang diikuti oleh sekitar 16.000 atlet dari 45 negara peserta, digelar di Jakarta dan Palembang, pada 18 Agustus-2 September.

Sebagai Tuan Rumah Asian Games, Indonesia akan mengirimkan sebanyak 1.388 orang yang terdiri dari 938 atlet, 396 ofisial yang akan mengikuti 40 cabang olahraga yang dipertandingkan. (sk/fid)