Program UP2K Koperasi Berlian PKK Pisangan Masuk Nominasi Perlombaan Nasional

By on Minggu, 29 Juli 2018

Koperasi Berlian di bawah PKK Kelurahan Pisangan Ciputat Timur Kota Tangerang Selatan (Tangsel) masuk nominasi perlombaan nasional melalui program Usaha Peningkatan pendapatan keluarga (UP2K). tim penilai dari PKK Pusat tinjau langsung lokasi mengecek hasil karya yang dikembangkan sejak 2015 silam.

Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie yang menyambut kedatangan para tim penilai dari PKK Pusat menyampaikan agar perlombaan ini mampu menambah semangat masyarakat dalam mengembangkan usaha melalui program UP2K. Dengan pengembangan usaha dapat menciptakan iklim ekonomi yang stabil.

“Mudah-mudahan dengan adanya lomba menjadi hal yang baik untuk mengembangkan usaha di tengah masyarakat. Terus termotifasi sehingga dapat memunculkan banyak ide kreatif dalam mengembngkan berbagai produk,” katanya.

Hal yang sama disampaikan oleh Camat Ciputat Timur, Durahman Kegiatan UP2K ini masuk nominasi nasional. Saat ini tinggal memilih juara satu, dua dan tiga saja. Berharap Tangsel dapat memperoleh juara satu. Rentetan perjalanan panjang pengembangan UP2K di Kelurahan Pisangan ini tidaklah mudah butuh proses panjang.

“Dari awal dimulainya program UP2K ini sejak 2015 bukan waktu yang sebentar tapi sudah melampoi waktu panjang. tentu pasang surut dalam mengembangkan ini banyak hal yang dilewati,” kata Durahman.

UP2K koperasi Berlian Jalan Cirendeu Indah 1 GG Mushollah RT 005/003 menjadi juara tingkat kota hingga nasional sehingga dijagokan tanding di tingkat nasional. Dari perkembangan tahun demi tahun hadirnya program UP2K di Pisangan melalui unit Koperasi Berlian ini memiliki banyak unit usaha. Setidaknya ada 6 unit usaha, di antaranya pernak pernik, kue kering, kue basah, lauk pauk, saserahan, dan berbagai peroduk lainnya.

“Begitu banyak jenis produk yang dikembangkan oleh para ibu-ibu. Tentu mereka mengerjakan dengan keseriusan dan semangat sehingga hasilnya juga cukup bagus. sangat dirasakan oleh masyarakat sekitar pengaruh ekonominya selama UP2K ini berkembang,” tambah ia.

Sementara itu, Ketua Kelompok Khusus (Poksus) PKK Pisangan, Laila Safitri melalui unit usaha Koperasi Berlian telah melahirkan banyak produk yang dijual di berbagai kesemaptan baik secara online maupun pada momen besar seperti HUT Kecamatan Ciputat Timur, HUT Kota Tangsel, Harganas, bahkan kegiatan di tingkat pusat, Pekan MTQ Kota Tangsel dan berbagai kegiatan besar lainnya.

“Banyak sekali produksi kami yang dihasilkan dengan kualitas bagus, baik kue-kue yang dijual secara langsung maupun produk lain yang dijual secara online,” katanya.

UP2K Kelurahan Pisangan, sangat bermanfaat sekali memberikan penghasilan bagi masyarakat. Kelurahan Pisangan memiliki luas 405 hektar dengan 18 RW dan 115 RT yang terdiri dari 70 persen perumahan sisanya perkampunagan. (hms/fid)