Sekretaris Kelurahan dan Staf Kecamatan di Tangsel Ikuti Diklat Administrasi Pemerintah Daerah

By on Selasa, 31 Juli 2018

Puluhan Sekretaris Kelurahan dan Staf Kecamatan mengikuti pendidikan dan latihan (Diklat) administrasi pemerintahan yang diselenggarakan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Tangsel yang berlangsung selama tiga hari.

“Mereka diajarkan tentang pelayanan publik, etika pemerintahan, pengelolaan naskah dinas dan lainnya,” jelas
Kepala BKPP Tangsel, Apendi.

Tidak hanya itu, sebanyak 30 peserta diajarkan oleh nara sumber dari Depdagri dan Widaswara, mereka juga diajarkan cara pencegahan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Sementara, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, saat menutup acara diklat administrasi ini, menjelaskan, Pemerintah Kota Tangsel memandang bahwa sumber daya manusia yang berkualitas merupakan syarat utama bagi terselenggaranya pemerintahan yang baik.

“Saya rasa, kita semua sepakat dalam hal ini. Sumber daya manusia profesional yang mampu menerapkan kaidah-kaidah yang baik dalam pemerintahan, atau yang lebih dikenal dengan istilah best practices, adalah elemen kunci dari terciptanya good governance,” ungkapnya.

Sementara itu, lanjut Airin, tujuan utama kegiatan diklat adalah menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki skill atau keterampilan, dan knowledge atau pengetahuan, yang mumpuni. Dalam kontek diklat kali ini, sasaran yang diharapkan adalah peningkatan skill dan knowledge di bidang administrasi pemerintah daerah.

“Saya berharap, kepada para peserta, apa yang diperoleh dari kegiatan diklat ini, dapat diaplikasikan dalam praktek sehari-hari, ketika kembali ke tempat kerja. Dalam kegiatan diklat ini, banyak pengetahuan dan keterampilan yang diberikan oleh para widyaiswara/pengajar yang sangat berguna bagi bapak-ibu sekalian. Kiranya itu semua dapat dimanfaatkan dengan baik,” harapnya. (rls/fid)