Tangsel Jadi Salah Satu Daerah yang Keamanannya Diperhatikan Khusus oleh Pemerintah Pusat

By on Kamis, 31 Oktober 2019

Kota Tangerang Selatan (Tangsel) merupakan salah satu kota penyangga Ibu Kota DKI Jakarta. Sehingga aktivitasnya memiliki pengaruh terhadap Ibu Kota. Karena itu, Tangsel menjadi salah satu daerah yang keamanannya diperhatikan secara khusus oleh Pemerintah Pusat.

Kasubit Antar Kelembagaan Kemendagri, Anang Kurniawan menjelaskan jika kewaspadaan nasional sudah harus ditingkatkan. Apalagi mengingat akses teknologi yang semakin masif membuat perkembangan komunikasi pun berkembang dengan pusat.

Kemendagri yang bertanggung jawab juga belakangan melakukan sosialisasi di daerah-daerah di seluruh Indonesia. Terutama kota penyangga dan perbatasan. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa informasi yang perlu diwaspadai bisa dipahami oleh masyarakat.

Selain itu, kedatangan kemendagri ke daerah-daerah itu juga menjadi salah satua upaya untuk mengetahui permasalahan apa yang kerap terjadi di daerah-daerah.

”Sehingga nanti dikumpulkan untuk menjadi masukkan merumuskan kebijakan untuk pembangunan bangsa,” kata Anang dalam kunjungannya ke Tangsel, Rabu (29/10/2019).

PLT Dirjen Politik Kemendagri, Bachtiar menjelaskan Indonesia harus memegang teguh pancasila dimana tetap menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan. Dengan hal tersebutlah, kewaspadaan terhadap informasi yang salah bisa terhindar.

Bachtiar juga menambahkan jika saat ini, Kemendagri terus melakukan sosialisasi ke daerah yang memiliki kemungkinan yang besar terhadap pergesekkan.

”Saya baru saja pulang dari Papua, untuk ikut mensosialisasikan peningkatan kewaspadaan nasional,” kata dia.

Dengan sosialisasi ini, Bachtiar berharap agar masyarakat Indonesia bisa lebih peka terhadap informasi. Apakah informasi tersebut akan memecah belah bangsa atau mempersatukannya. Sehingga Indonesia bisa mewujudkan pancasila yang menjadi tonggak merdekanya bangsa.

Sementara Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany berterimakasih dengan kehadiran dari perwakilan Kemendagri.

“Dengan hadirnya pemerintah pusat secara langsung dapat memaparkan apa saja hal yang bisa diwaspadai oleh masyarakat,” kata Airin.

Ditambahkan Airin, apapun informasi yang disampaikan oleh narasumber  harus diaplikasikan dan disebarluaskan kepada masyarakat. Sehingga bisa menjadi salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menerima informasi yang bermanfaat saja.