Tangsel Siap Sumbang Medali pada Pentas PAI Nasional IX di Makasar 2019

By on Jumat, 11 Oktober 2019
Tangsel Siap Sumbang Medali pada Pentas PAI Nasional IX di Makasar 2019

MAKASAR (Kabartangsel.com) – Kepala Seksi (Kasi) Pakis Kemenag Tangsel, M. Edi Suharsongko, pada Kamis (10/10/2019) menghadiri pembukaan kegiatan Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) IX Tingkat Nasional tahun 2019 yang digelar di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Acara dibuka oleh Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, dan dihadiri oleh Dirjen Pendis,  Direktur PAIS, para Kepala Kanwil dan Kepala Kemenag Kabupaten/Kota se-Indonesia, dan diikuti oleh lebih dari 1.000 peserta dan official dari siswa SD, SMP, SMA dan SMK seluruh Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Agama mengajak semua yang hadir untuk memperkuat koordinasi, karena pembelajaran melibatkan banyak Dinas dan tanggungjawab pendidikan PAI juga diemban oleh Pemerintah Daerah.

Menag mengingatkan para siswa untuk melek teknologi, moderasi dalam beragama, dan berwawasan kebangsaan.Oleh karenanya ekskul PAI perlu didorong dalam rangka pengembangan dan pengayaan pemahaman Pendidikan Agama Islam di sekolah.

“Untuk itulah perlu diperbanyak kompetesi PAI di daerah untuk mengevaluasi PAI dan momentum untuk melakukan koordinasi lintas sektoral,” ujarnya.

Menag juga mempertegas tidak akan menghapus mata pelajaran agama di sekolah. Bahkan ia ingin eksistensi mata pelajaran agama dikuatkan.

“Hari ini menepis isu akan dihapusnya PAI di sekolah, saya tegaskan tidak akan menghilangkan PAI dari sekolah. Malah sebaliknya kita ingin eksistensi agama di sekolah diperkuat,” tegas Menag.

Sementara itu, Kasi Pakis Kemenag Tangsel, M. Edi Suharsongko sangat berharap melalui kegiatan Pentas PAI ini akan lahir generasi yang lebih baik dari sekarang. Sehingga ke depan kepemimpinan lebih berkualitas.

“Dengan adanya kegiatan Pentas PAI ini semoga akan lahir calon pemimpin yang jauh lebih baik dari yang sekarang, sehingga kualitas pemimpin ke depan jauh lebih baik,” ujarnya.

Edi menjelaskan kegiatan Pentas PAI merupakan agenda dua tahunan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik dalam bidang kreatifitas dan seni.

Pentas PAI IX tahun 2019 ini melombakan 10 cabang perlombaan, 8 cabang perlombaan yang lama yaitu Musabaqoh Tilawatil Qur`an, Lomba Pidato PAI, Musabaqoh Hifzhil Qur`an, Lomba Cerdas Cermat PAI, Lomba Kaligrafi Islam, Lomba Seni Nasyid, Lomba Debat PAI, dan Lomba Kreasi Busana.

Sementara cabang perlombaan yang baru adalah lomba Cerita Remaja Islam dan Karya Ilmiah Remaja. Even ini akan menjadi ajang kompetisi bagi peserta terbaik perwakilan 34 provinsi.

Provinsi Banten mengirim sebanyak 43 peserta untuk mengikuti Pentas PAI Nasional IX tahun 2019 ini. Delapan di antaranya berasal dari Kota Tangsel, dan bertekad dapat menyumbang medali untuk provinsi Banten.

Pentas PAI IX tahun 2019 di Makasar berlangsung pada tanggal 09-14 Oktober 2019 bertempat di Asrama Haji Sudiang Makasar, dengan mengambil tema “Keberagamaan Generasi Milenial Yang Moderat”.  (Kemenag Tangsel)