Tiga Calon Sekda Jalani Tes Kesehatan di RSU Kota Tangerang Selatan

By: Rabu, 19 Oktober 2016
drg. Maya Mardiana, MARS

Tiga Calon Sekretaris Daerah (Sekda) telah menjalani tes kesehatan dan psikologi (kejiwaan) di Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang beralamat di Jalan Raya Padjadjaran No. 101, Kelurahan Pamulang Barat, Senin, (18/10/2016). Tes kesehatan dan psikologi tersebut merupakan tahapan yang harus diikuti oleh setiap calon Sekda setelah melalui tahap seleksi administrasi yang sudah dilakukan pada pekan kemarin.

Seperti diketahui, dari tujuh pendaftar calon Sekda Tangsel hanya ada tiga nama yang lulus pada tahap seleksi administrasi melalui Tim Panitia Seleksi (Pansel) calon pejabat pimpinan tinggi pratama untuk jabatan Sekda Kota Tangsel. Ketiga calon Sekda itu antara lain, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Muhamad, Kepala Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BP2T) Dadang Sofyan, dan Kepala Dinas Perhubungan dan Komunikasi (Dishubkominfo) Sukanta.

Direktur RSU Kota Tangsel drg. Maya Mardiana, MARS mengatakan, pihaknya melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap ketiga calon Sekda secara menyeluruh yang meliputi pemeriksaan darah di laboratorium, radiologi dan medikal check up, jantung, penyakit dalam (internis), THT, mata, gigi, syaraf, dan jiwa. Dari sisi kesiapan tenaga medis dan peralatan medis, RSU Tangsel memang sudah sangat memadai. Dilihat dari pengalaman sebelumnya, RSU Tangsel juga dijadikan tempat pemeriksaan kesehatan calon walikota dan wakil walikota Tangsel pada Pilkada 2015 tahun lalu.

Tiga Calon Sekretaris Daerah (Sekda) telah menjalani tes kesehatan dan psikologi (kejiwaan) di Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel)

“Awalnya ada 11 dokter spesialis yang kita siapkan. Karena tidak ada calon Sekda dari perempuan, maka hanya 10 dokter saja. Untuk dokter kandungan tidak diikutsertakan,” ungkap drg. Maya Mardiana, MARS.

drg. Maya menjelaskan, tim dokter untuk pemeriksaan calon Sekda Kota Tangsel diketuai oleh dr Hadiyanti Sp.PD. Selanjutnya, setiap dokter akan memberikan rekomendasi dari hasil pemeriksaan kesehatan yang telah dilakukan. Rekomendasi tersebut untuk mengukur sejauh mana tingkat kesehatan calon Sekda untuk mampu melakukan pekerjaan sebagai Sekda dengan beban yang tinggi.

“Bentuknya rekomendasi saja kaitan dengan kondisi kesehatan yang dikeluarkan dari masing-masing dokter spesialistiknya. Misalnya jantung akan dilihat sejauh mana kekutan Jantungnya, apakah mampu dan memungkinkan menerima beban kerja yang tinggi,” ujarnya.

Rekomendasi dari RSU Tangsel, lanjut drg. Maya, akan dikeluarkan pada hari Kamis 20 Oktober 2016 dan diserahkan kepada Tim Pansel pejabat pimpinan tinggi pratama untuk jabatan Sekda melalui Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Tangsel. (ADV)