Ajip Rosidi Meninggal Dunia

By: Rabu, 29 Juli 2020

Ajip Rosidi, sastrawan dan pengarang yang serba bisa ini dikabarkan meninggal dunia, Rabu (29/7/2020).

“Selamat jalan Pak Ajip Rosidi. RIP Terimakasih telah menyebabkan saya mencintai seni sastra,” tulis Butet Kartaredjasa melalui akun facebooknya.

Meninggalnya Ajip Rosidi juga dikabarkan oleh pengguna facebook Atun Marios.

“Innalillahi Wainnailaihi Roojiun, pileuleuyan Kang Ajip Rosidi. Parantos ngantunkeun tabuh 22.20 WIB di RS Tidar Magelang,” demikian tulisnya.

Ajip Rosidi lahir di Jatiwangi, Cirebon, Jawa Barat, 31 Januari 1938. Ajip Rosidi dikenal sebagai sastrawan Indonesia, penulis, budayawan, dosen, pendiri, dan redaktur beberapa penerbit, pendiri serta ketua Yayasan Kebudayaan Rancage.

Ajip Rosidi mulai menempuh pendidikan di Sekolah Rakyat Jatiwangi (1950), lalu melanjutkan ke Sekolah Menengah Pertama Negeri VIII Jakarta (1953) dan terakhir, Taman Madya, Taman Siswa Jakarta (1956). Meski tidak tamat sekolah menengah, namun dia dipercaya mengajar sebagai dosen di perguruan tinggi Indonesia, dan sejak 1967, juga mengajar di Jepang[4]. Pada 31 Januari 2011, ia menerima gelar Doktor honoris causa bidang Ilmu Budaya dari Fakultas Sastra Universitas Padjadjaran. (kts)


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *