1,1 Juta Bibit Ikan Ditebar di Situ Gintung & Situ Ciledug

By on Rabu, 28 November 2012

Kabartangsel.com – 1,1 Juta bibit Ikan ditebar Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) di Situ Gintung, Ciputat Timur, Rabu (28/11/12).

Penebaran bibit (restoking) ikan ini merupakan rangkaian acara perayaan HUT ke-4 Kota Tangerang Selatan yang menggelar Festival Situ Gintung dan Pesta Rakyat.

Wakil Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie mengatakan pemda menebar satu juta ekor lebih bibit (restoking) ikan nila. “Ikan ini kaya akan protein dalam kandungan zat gizinya,” katanya usai pelepasan secara simbolis bibit ikan.

Pelepasan ikan nila ini jumlahnya mencapai 1,1 juta ekor. Ikan nila tersebut dilepas di dua lokasi terpisah yakni di Situ Gintung dan Situ Ciledug di Kecamatan Pamulang.

Terkait jumlah ikan nila yang dilepas di Situ Gintung sebanyak  205.220 ekor dan sisanya akan dilepas di Situ Ciledug. Ikan-ikan tersebut menurut Benyamin sudah dapat dipanen dalam waktu enam bulan ke depan setelah memakan gulma yang ada di sekitar situ.

“Tapi ingat, jangan dijaring atau memakai potas, setrum aki karena dapat merusak habitat yang ada di situ. Nanti akan kita adakan lomba mancing bersama yang melibatkan Pemerintah Kota Tangsel dan masyarakat,” pesannya.

Ketua Panitia Penyelenggara yang juga Kepala Disperindag Kota Tangsel, Muhammad menjelaskan selain dalam rangka perayaan HUT ke-4 Kota Tangsel, Konservasi situ dengan penghijauan dan tabur bibit ikan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Lingkungan akan semakin sejuk dan asri, begitu juga sungai akan semakin bermanfaat bagi masyarakat dengan adanya bibit ikan yang telah ditabur. (Tagselraya/kt)