Connect with us

Hukum

226 Casis SIPSS Bakal Jalani Tes Pusat

Sebanyak 226 peserta berhasil lolos memasuki tahapan seleksi penerimaan anggota Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) Tahun Anggaran 2024. Seleksi itu dilaksanakan di Akademi kepolisian (Akpol) Semarang, Jawa Tengah.

Pada seleksi kali ini, Polri membuka kesempatan penerimaan anggota untuk mereka yang berkebutuhan khusus dan penyandang disabilitas dengan kompetensi tertentu.

“Ini menjadi bukti atas komitmen Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang memberikan ruang kepada masyarakat dalam hal ini penyandang disabilitas untuk mengabdi di Polri,” ungkap Asisten SDM Kapolri Irjen Pol Dedi Prasetyo dikutip pada Selasa (20/2/2024).

Hal itu tertuang dalam berdasarkan UU Nomor 8 tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Selain itu, Peraturan Kapolri Nomor 10 tahun 2016 tentang penerimaan anggota Polri.

Advertisement

“Antusias masyarakat sangat tinggi untuk mengabdi pada negara melalui Polri. Tercatat 226 peserta yang mengikuti seleksi tingkat pusat,” ujarnya.

Kepala Biro Pengendalian Personel (Karo Dalpers) SSDM Polri Brigjen Pol Nurworo Danang menambahkan, animo pendaftar SIPSS T.A 2024 mencapai 1.251 pendaftar. Adapun rinciannya 1.247 pendaftar regular dan empat pendaftar dari kelompok disabilitas.

Untuk mendukung kelancaran seleksi peserta disabilitas, lanjut Nurworo, Polri menyiapkan akomodasi dan sarana prasarana yang dibutuhkan. Saat ini 226 calon siswa termasuk tiga peserta disabilitas, yakni disabilitas kaki, tangan, dan mata sedang menjalani seleksi tingkat pusat.

“Harapan kita, adik-adik ini bisa mengikuti rangkaian tes dengan baik dan lancar,” ucap Nurworo. (pmj)

Advertisement

Populer