4 Cara Ampuh Menghaluskan Kulit Kaki yang Kasar

By on Sabtu, 26 Oktober 2019

Memiliki kulit kaki yang halus tentu membuat Anda bebas menggunakan sepatu terbuka. Sayangnya, beberapa orang terus saja bermasalah dengan kulit kaki yang kering dan kasar. Agar terbebas dari kondisi ini, bagaimana cara mengatasinya? Intip berbagai cara menghaluskan kulit kaki yang kasar supaya lebih lembut dan membuat Anda kembali percaya diri berikut ini.

Cara menghaluskan kulit kaki yang kasar kembali lembut

Kulit kering adalah masalah kulit yang hampir dikeluhkan banyak orang. Bukan hanya di tangan, gangguan ini juga sering menyerang telapak kaki sehingga membuat kulit jadi mengelupas, kasar, dan gatal.

Menurut American Academy of Dermatology, kondisi kulit kering terjadi karena kulit kehilangan kelembapan dari sebum (minyak) dan air. Penyebabnya beragam mulai dari usia yang bertambah tua, cuaca yang panas, aktivitas yang berkaitan dengan air, hingga masalah kulit seperti eksim.

Jika Anda ingin kulit kaki yang kering dan kasar kembali halus, Anda bisa mencoba berbagai cara mengatasinya, di antaranya:

1. Pakai pelembap

relaksasi tubuh

Cara ampuh untuk menghaluskan kulit kaki yang kasar adalah rutin pakai pelembap kaki. Kebanyakan orang tidak mengoleskan pelembap pada telapak kaki. Padahal, seluruh bagian kaki sangat perlu pelembap agar kulit tetap lembut.

Pelembap berperan sebagai pengunci air di kulit sehingga kulit tidak kering. Jadi, sangat efektif jika digunakan setelah mandi atau mencuci kaki. Anda juga perlu mengoleskan pelembap pada kaki sebelum tidur agar kulit lembut esok harinya.

Bila kulit Anda sangat kering hingga terkelupas, pilih pelembap yang mengandung urea atau asam laktat. Kedua bahan aktif ini sangat kuat untuk menahan air di kulit.

2. Ganti sabun atau produk pembersih

sabun untuk alergi

sabun untuk alergi

Bila Anda memiliki kulit kering, Anda perlu mengganti sabun dan bahan pembersih lainnya. Ini merupakan cara menghaluskan kulit yang ampuh tidak hanya pada kaki, tapi seluruh kulit di tubuh Anda. Kenapa perlu mengganti sabun?

Tidak semua sabun yang dijual di pasaran mengandung bahan yang sama. Ada beberapa di antaranya mengandung bahan kimia bersifat keras yang bisa menghilangkan kelembapan kulit Anda.

Pilih sabun yang memang diformulasikan untuk kulit kering. Hindari bahan-bahan seperti fragrance (pewangi) dan pewarna tambahan yang bisa mengiritasi kulit.

3. Lakukan eksfoliasi

merendam kaki pakai garam

merendam kaki pakai garam

Eksfoliasi adalah teknik untuk mengangkat sel-sel kulit kaki yang menumpuk. Teknik ini dapat juga Anda coba sebagai cara untuk menghaluskan kulit kaki yang kasar.

Anda hanya perlu menyiapkan, air hangat, gula, dan madu. Campur semua bahan dalam satu wadah kemudian rendam kaki Anda selama 10 hingga 15 menit. Kemudian, gosokkan kaki menggunakan batu apung dengan lembut dan bilas hingga bersih.

Selanjutnya, keringkan kaki dan segera oleskan pelembap. Meski bisa menghaluskan kulit kasar, Anda tidak boleh berlebihan melakukannya. Cukup lakukan 1 atau 2 kali dalam seminggu secara rutin.

4. Jangan biarkan kaki basah

melindungi rambut dan kulit berenang

melindungi rambut dan kulit berenang

Cara terakhir yang perlu Anda lakukan untuk menghaluskan kulit kaki adalah membatasi aktivitas yang membuat kaki basah dalam waktu lama. Ini meliputi mandi terlalu lama, berendam terlalu lama, mencuci, atau beranang.

Paparan air bisa membuat kulit kaki berkerut sehingga lebih mudah terkelupas dan menjadi kasar. Jadi, Anda sebaiknya tidak mandi atau berendam lebih dari 15 menit serta menggunakan sandal saat berenang dan mencuci.

Jika hasilnya tidak memuaskan, apa yang harus dilakukan?

Cara yang telah disebutkan di atas umumnya ampuh untuk menghaluskan kulit kaki yang kasar. Namun, hasilnya akan maksimal jika Anda rutin merawatnya. Dengan kata lain, Anda perlu bersabar agar kulit kembali sehat.

Jika masalah kulit ini tidak kunjung membaik, jangan ragu konsultasi ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan menetapkan penyebabnya. Dengan begitu, Anda akan tahu cara yang paling tepat untuk mengatasi kulit kaki yang kering dan kasar.

Kabartangsel.com

Source