Aduan Tidak Direspon, Pengguna Siaran Tangsel: Percuma Didownload

By on Minggu, 10 Juni 2018

Aplikasi pengaduan online pemerintah semestinya bisa mempercepat laporan permasalahan yang dikeluhkan warga segera selesai. Di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), pemerintah setempat memiliki sebuah aplikasi Sistem Pelaporan dan Penugasan Kota Tangerang Selatan (Siaran Tangsel). Aplikasi yang sudah berjalan setahun lebih ini ternyata banyak dikeluhkan para pengguna.

“Percuma di download, aduan saya tidak ada respons,” tulis Suradih Naim memberikan tanggapan dalam ulasan di Google Play Store aplikasi tersebut.

Diberitakan Kabartangsel.com sebelumnya, aplikasi Siaran Tangsel ini dikeluhkan para pengguna. Pasalnya, aplikasi berbasis android yang diklaim mirip dengan qlue ini kerap terjadi kendala saat pengguna melaporkan kepada Pemerintah Kota Tangsel, bahkan para pengguna banyak yang mengeluhkan laporan tidak ditindaklanjuti.

“Semua laporannya kok masih merah semuanya ya? Ini ditindaklajuti gak ya? Harusnya update donk seperti qlue, warna merah blm ada tindaklanjut, kuning sedang ditindaklajuti, dan hijau sudah selesai ditindaklajuti dan ada foto sedang pengerjaan dan sudah ditindaklajuti untuk keterbukaan dan laporan kepada masyarakat apakah laporannya sudah ditindaklajuti atau belum,” tulis Yudi Permana.

Pengguna Apliaksi Siaran Tangsel yang lain Erry Wibisono juga mengeluhkan aplikasi yang dilaunching oleh Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany pada Kamis (9/3/2017) tahun lalu. Padahal dia sangat berharap aplikasi Siaran Tangsel ini dapat menjadi penyambung antara warga dengan pemkot, untuk menjadikan tangsel lebih baik.

“Banyak yang harus diperbaiki dalam aplikasi ini, masih kurangnya keterbukaan, setiap ada masukan atau saran mohon follow up dan responnya agar aplikasi lebih terasa berguna bagi warga,” kata Erry. (fid)