Connect with us

Pemerintahan

Airin Rachmi Diany Terima Lencana Satya Darmabakti dari Presiden

Bertepatan dengan digelarnya apel besar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka ke-52 yang dipusatkan di Lapangan Gajah Mada – Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur – Jakarta Timur pada Tanggal 14 Agustus 2013, Airin Rachmi Diany, Walikota Tangerang Selatan menerima penganugerahan Lencana Satya Darmabakti. Presiden Republik Indonesia – DR. Susilo Bambang Yudhoyono selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka, bertindak selaku Pembina Upacara dan menyerahkan secara simbolis kepada 25 orang perwakilan yang menerima Satya Lencana Gerakan Pramuka yang terdiri dari Lencana Melati, Lencana Darmabakti, Lencana Satyawira Utama, Lencana Satyawira Madya, dan Lencana Teladan.

Lencana Satya merupakan penghargaan yang diberikan kepada mereka yang aktif melakukan bimbingan dan pembinaan gerakan pramuka di wilayah kerja dan di daerahnya masing-masing dalam berbagai bentuk kegiatan. Pada umumnya para penerima Lencana Satya aktif sebagai pembina atau pengurus pada Majelis Bimbingan Daerah (Mabida), Majelis Bimbingan Cabang (Mabicab), Pembina Saka, Kwartir Daerah (Kwarda), Kwartir Cabang (Kwarcab), Majelis Bimbingan Gugus (Mabigus), dan sebagainya.

Pemberian Lencana Satya diawali dengan usulan dari Pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) secara berjenjang kepada Kwartir Nasional (Kwarnas). Kwarcab Kota Tangerang Selatan mengusulkan 9 orang yang layak mendapat Lencana Satya Darmabakti. Dari ke-9 personil yang diusulkan tersebut, yang lolos dalam seleksi Kwartir Nasional sebanyak 3 orang yaitu ; Hj. Airin Rachmi Diany selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Kota Tangerang Selatan, Hj. Supingah selaku Kepala Majelis Bimbingan Tugas (Kamabigus) Kwartir Ranting (Kwaran) Ciputat, dan Drs. Nicolas Laimaheriwa selaku Ketua Dewan Kehormatan Kwaran Serpong.

“Walikota Tangerang Selatan dinilai layak mendapat Penghargaan Lencana Satya Darmabakti karena perhatiannya selama ini yang besar terhadap pengembangan kegiatan gerakan pramuka di Kota Tangerang Selatan.” Jelas Heri Dedi Wijaya – Staf Kwarcab Kota Tangerang Selatan. Wujud dari perhatian tersebut adalah dengan turut serta aktif dalam kegiatan-kegiatan pramuka seperti secara rutin menjadi Pembina upacara pada setiap Peringatan Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka Tingkat Kota Tangerang Selatan, Lanjut Dedi.

Advertisement

Walikota Airin juga selalu hadir dan aktif selaku pembina pada kegiatan yang diselenggarakan oleh gerakan pramuka Kota Tangerang Selatan seperti Jambore Cabang dan Pesta Siaga yang diselenggarakan di Situ Gintung pada Tahun 2011, penyelenggaraan Kursus Mahir Lanjutan (KML) angkatan I yang merupakan pola pelatihan terhadap Pembina Pramuka se-Tangerang Selatan pada Tahun 2011, acara Karang Pamitran yang merupakan ajang pertemuan seluruh Pembina Pramuka se-Kota Tangerang Selatan.

“Walikota Airin juga menyempatkan diri di sela-sela kesibukannya memimpin Kota Tangsel pada kegiatan ISPC (International Scout Peace Camp) yang dilaksanakan di Cibubur pada Tahun 2012.” Ujar Dedi.

Perhatian Walikota Airin terhadap Gerakan Pramuka di Kota Tangerang Selatan diwujudkan juga dengan pengalokasian anggaran yang dari Tahun ke Tahun terus mengalami peningkatan. “Di awal masa jabatannya, Walikota Airin mengalokasian anggaran sebesar 250 juta dan meningkat pada Tahun 2013 ini menjadi 600 juta”. Terang Dedi. (rls/hms/kt)

Advertisement

Populer