Amalkan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-Hari

By on Kamis, 1 Juni 2017
Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany usai peringatan hari lahirnya Pancasila

Walikota Tangerang Selatan (Tangsel), Airin Rachmi Diany, menyampaikan bahwa Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila pada 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir Soekarno, lalu Piagam Jakarta pada 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila pada 18 Agustus 1945.  Merupakan jiwa besar para founding fathers, ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok nusantara, sehingga dapat membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan seluruh warga.

“Kehidupan berbangsa dan bernegara kita sedang mengalami tantangan. Kebhinekaan kita sedang diuji, saat ini ada pandangan dan tindakan yang mengancam Kebhineka Tunggal Ikaan. Saat ini ada sikap tidak toleran yang mengusung ideologi selain Pancasila. Masalah ini kemudian semakin mencemaskan tatkala diperparah oleh penyalahgunaan media sosial yang banyak menggaungkan hoax alias kabar bohong,” ungkap Airin dalam pidatonya saat peringatan Hari Lahirnya Pancasila, di Lapangan CIlenggang, Serpong, (1/6/2017).

Untuk itu Airin mengajak kepada seluruh masyarakat untuk belajar dari pengalaman buruk negara lain yang dihantui oleh radikalisme, konflik sosial, terorisme, dan perang saudara. Lebih lanjut ia berpesan khususnya pad para generasi muda yang ada untuk lebih mengamalkan nilai-nilai pancasila didalam kehidupan sehari-hari.

“kita harus bisa memahami dulu apa itu Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung didalam Pancasila seperti apa, idelogi itu harus diterapkan untuk disampaikan” tutur Airin.

Sebagai Pemerintah, pihaknya terus mengingatkan kepada masyarakat untuk mengamalkan Pancasila, dan juga Pancasila sebagai dasar negara. (fid)