Connect with us

Pemerintahan

Antisipasi Pengendalian Banjir, Inilah Daftar Jembatan di Tangsel yang Sedang Dikerjakan dan Target Selesai Pengerjaannya

Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi (DSDABMBK) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) tengah mengebut proses beberapa pekerjaan hingga akhir tahun 2023.

Kepala Bidang Bina Marga pada DSDABMBK Kota Tangsel, Ahmad Fatulloh mengatakan, saat ini pihaknya tengah mengerjakan beberapa proyek jembatan yang tersebar di seluruh wilayah Tangsel.

Proyek jembatan tersebut, dikatakan Fatul, sebagai langkah antisipasi untuk meminimalisir potensi terjadinya banjir jika musim penghujan tiba.

“Untuk tahun ini kami sedang mengerjakan sekitar 8 pembangunan jembatan yang ada di Kota Tangsel,” kata Fatul, Selasa, 17 Oktober 2023.

Advertisement

“Mayoritas pembangunan jembatan dilakukan sebagai bentuk antisipasi pengendalian banjir jika musim hujan tiba. Kami sudah mulai kerjakan sejak bulan Agustus 2023,” lanjutnya.

Dari 8 proyek jembatan yang sedang dikerjakan, dijelaskan Fatul, 6 diantaranya berupa peninggian untuk pengendalian banjir dan 2 lainnya untuk masuk kedalam akses Tempat Pemakaman Umum (TPU).

2 jembatan untuk akses TPU diantaranya akses TPU Sarimulya yang berada di Kelurahan Setu Kecamatan Setu dan TPU Rancabulan yang berada di kelurahan Kranggan, Kecamatan Setu.

“Dari 6 proyek jembatan, 5 diantaranya masih dalam proses pengerjaan sedangkan satu jembatan segment kali Ciputat yang berada di Jalan KH Dewantara Ciputat telah selesai dan sudah open traffic,” jelasnya.

Advertisement

Dari seluruh proyek pembangunan jembatan tersebut, Fatul memastikan proses pekerjaan akan selesai maksimal pada akhir bulan Desember 2023 mendatang.

“Yang lain sedang proses pengerjaan, kami memastikan semua proyek akan selesai dan open traffic pada akhir Desember 2023,” tegasnya.

Fatul menyebut, pihaknya menggelontorkan anggaran sekira Rp19,1 miliar untuk mengerjakan seluruh proyek jembatan tersebut.

“Total untuk 8 jembatan kami gelontorkan Rp19,1 miliar menggunakan APBD tahun anggaran 2023,” pungkasnya.

Advertisement

Berikut daftar lengkap jembatan yang tengah dikerjakan oleh DSDABMBK Kota Tangsel:

1. Peninggian jembatan Ceger yang berada di Jalan Ceger Raya, Kelurahan Jurang Mangu Barat, Kecamatan Pondok Aren (dalam proses pengerjaan);

2. Peninggian jembatan segment Sungai/Kali Cibenda yang berada di Jalan Sumatera, Kelurahan Jombang, Kecamatan Ciputat (dalam proses pembangunan);

3. Peninggian jembatan segment Sungai/Kali Ciputat yang berada di Jalan Kh Dewantara, Kelurahan Ciputat, Kecamatan Ciputat (proses pembangunan telah selesai);

Advertisement

4. Peninggian jembatan segmentSungai/Kalii Serua yang berada di Jalan Haji Jiun Kelurahan Pondok Kacang Timur, Kecamatan Pondok Aren (dalam proses pembangunan);

5. Peninggian Jembatan segment Sungai/Kali Ciputat yang berada di Ciputat Baru, Kelurahan Ciputat, Kecamatan Ciputat (dalam proses pembangunan);

6. Peninggian jembatan yang berada di wilayah Kemuning, Kelurahan Pamulang Barat, Kecamatan Pamulang (dalam proses pembangunan);

7. Pembangunan jembatan akses TPU Sarimulya yang berada di Kelurahan Setu Kecamatan Setu (dalam proses pembangunan);

Advertisement

8.Pembangunan jembatan akses TPU Rancabulan, Kelurahan Kranggan, Kecamatan Setu (dalam proses pembangunan).

 

(fid)

Advertisement
Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer