ASN Mulai Masuk Kantor, UIN Jakarta Tetap Terapkan Protokol Kesehatan

By: Rabu, 8 Juli 2020

Seiring pemberlakuan masa kenormalan baru, seluruh aparatur sipil negara (ASN) UIN Jakarta mulai Selasa (7/7/2020) ini kembali masuk kantor. Aturan penerapan protokol kesehatan pun tetap diberlakukan untuk menghindari penyebaran wabah Covid-19.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Hari Hendarto melalui Whatapps, Selasa (7/7/2020), mengatakan, ASN yang masuk kantor tetap harus mengikuti prosedur protokol kesehatan. Bahkan di setiap unit kerja harus disediakan berbagai perlengkapan kesehatan, seperti air penyanitasi atau hand sanitizer.

Tak hanya itu, pegawai yang masuk kantor terlebih dahulu harus dicek suhu badannya menggunakan alat ukur suhu, mengenakan masker, penutup wajah (face shield), dan tetap menjaga jarak aman saat bekerja.

“Protokol kesehatan harus tetap diterapkan. Itu sudah prosedur standar,” kata Hari yang juga dekan Fakultas Kedokteran itu.

Pantauan kabartangsel.com di lapangan memperlihatkan hampir semua fakultas dan lembaga telah menaati aturan tersebut. Di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) misalnya, aturan penerapan protokol kesehatan bahkan dilakukan secara ketat.

Wakil Dekan Bidang Akademik A Bakir Ihsan mengatakan, FISIP berkomitmen untuk tetap menjaga kesehatan dan bahaya penyebaran Covid-19. Karena itu FISIP memberlakukan “zona wajib protokol”, sehingga siapa pun yang masuk gedung FISIP harus mengikuti protokol tersebut.

“Setiap pegawai atau siapa saja yang berkepentingan untuk masuk gedung FISIP wajib mengikuti protokol kesehatan,” ujarnya.

Prosedur dengan menjalani protokol kesehatan di FISIP di antaranya berupa pengecekan suhu badan oleh petugas jaga, penyediaan wastafel untuk mencuci tangan di pintu masuk, dan wajib memakai masker.

Begitu pula saat pegawai berada di ruangan kerja, hampir semua mengenakan face shield dan tetap menjaga jarak aman.

“Di ruang pelayanan juga kita pasang kaca pemisah antara staf dan orang yang dilayani.  Gedung FISIP insya Allah steril karena rutin disemprot disinfektan,” katanya.


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *