Connect with us

Banten

Audiensi Bersama Forkom-IKM, Komisi II DPRD Banten Tampung Aspirasi

Komisi II DPRD Banten menerima audensi dengan Forum Komunikasi Industri Kecil Menengah (Forkom-IKM) Provinsi Banten dan diterima oleh Ketua Komisi II Drs. H. Iip Makmur dan didampingi oleh Sekretaris Komisi II H. Oong Syahroni, serta turut hadir pula Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Provinsi Banten bertempat di Ruang Rapat Komisi II DPRD Banten, Kamis (19/01/2023).

Perwakilan Forkom-IKM menuturkan bahwa maksud dan tujuannya menghadap Komisi II adalah untuk menyampaikan aspirasi para pelaku UMKM Provinsi Banten yang selama ini belum tersampaikan. Ia juga menuturkan bahwa produk yang berada di gerai UMKM bukan produk UMKM dari Banten dan merasa sulitnya persaingan UMKM di pasar Provinsi terbentur dengan perusahaan besar, karena kondisi tersebut dukungan dari Komisi II sangat diperlukan untuk mendorong UMKM Banten.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi II Drs. H. Iip Makmur menampung dan mencatat aspirasi yang disampaikan pada audiensi ini. Ia menjelaskan bahwa Pemerintah Provinsi Banten untuk saat ini hanya memiliki program pembinaan dan pemberdayaan UMKM Provinsi Banten.

“Dari Provinsi saat ini program yang ada baru bersifat pembinaan dan pemberdayaan, belum ada bantuan untuk permodalan,” ujarnya.

Advertisement

Ia juga berkeinginan untuk membawa UMKM Provinsi Banten ke pasar-pasar modern sehingga dapat membuka pasar UMKM seluas-luasnya.

Sekretaris Komisi II H. Oong Syahroni juga menghimbau kepada para UMKM agar dapat melengkapi data berupa kelengkapan badan hukum seperti Hak Cipta, sertifikat halal, dan yang lainnya agar begitu terdapat program bantuan, sehingga UMKM tersebut dapat terdaftar sebagai penerima bantuan.

Menutup pembahasan audiensi, Ketua Komisi II Drs. H. Iip Makmur berharap adanya forum ini dapat membawa UMKM ke arah yang lebih baik dan hasil audiensi ini akan disampaikan kepada pimpinan untuk mengajukan political will.

“Semoga adanya forum ini dapat membawa UMKM ke arah yang lebih baik, dan adanya hasil audiensi ini dapat mengajukan political will sehingga industri-industri kecil menengah dapat turut mengisi di pasar modern,” ucapnya.

Advertisement

Populer