Banjir di Buaran Serpong, DPU Tangsel Sigap Tangani Laporan Warga

By on Rabu, 28 November 2018

Serpong- Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) langsung beraksi menangani titik banjir di wilayah Buaran, Serpong, Rabu (28/11/2018). Ini dilakukan setelah adanya laporan warga yang kediamannya terendam.

Boyan, warga RT 03/RW 05 Kelurahan Buaran, sempat membuat video soal kediamannya yang terendam banjir. Dalam video yang sempat viral itu, ia menginginkan dikirimi perahu ke lokasi banjir.

“Akhirnya saya gak jadi dikirimi perahu. Pemerintah langsung tanggap dan cepat melakukan penanganan,” kata Boyan.

Sementara itu, Plt Kepala DPU Kota Tangsel, Aries Kurniawan membenarkan pihaknya langsung menerjunkan tim ke titik banjir dimaksud, yakni di RT 03/RW 05 Kelurahan Buaran. Di lokasi, kata dia, petugas langsung mengidentifikasi penyebab banjir.

“Saat ini kami sedang melakukan survei dan mengecek lokasi banjir. Kami akan lakukan penanganan banjir ini dengan sigap,” kata Aries yang juga turut langsung terjun ke lokasi.

DPU Kota Tangsel, menurut Aries, terus berupaya mengatasi titik-titik yang berpotensi banjir di kota pemekaran dari Kabupaten Tangerang ini. Selain melakukan perbaikan infrastruktur penunjang, keterlibatan langsung masyarakat menurutnya begitu penting.

“Kita juga berharap masyarakat untuk menjaga lingkungan agar terhindar dari banjir, seperti menjaga kebersihan saluran air yang bisa meminimalisir banjir,” tandasnya.

DPU Kota Tangsel, diakui Aries juga terbuka atas setiap laporan maupun usulan dari masyarakat. Apalagi, pihanya juga sudah memiliki aplikasi penunjang untuk layanan informasi dan pengaduan bagi masyarakat, yakni Sistem Informasi Manajemen Jalan dan Jembatan (SIMANJA).

“Masyarakat bisa melaporkan langsung melalui SIMANJA, kalau memang ada laporan pengaduan atau usulan perbaikan jalan, saluran dan infrastruktur lain yang berhubungan dengan tupoksi Dinas PU. Kita akan respons, seperti penanganan banjir di Buaran ini,” tandasnya. (red/fid)