Bawaslu Tangsel Minta Panwas Kecamatan dan Kelurahan Jaga Integritas

By: Rabu, 2 Desember 2020

Badan Pengawas Pemilu Kota Tangerang Selatan meberikan bimbingan teknis kepada seluruh pengawasn kecamatan dan keluaraahan terkait dengan proses tahapan pemungutan suara dalam Pilkaa 2020 nanti.

Ketua Bawaslu Tangsel, Muhamad Acep menjelaskan bahwa yang terpenting dalam pelaksanaa ini, adalah bahwa pengawas TPS yang sudah terpilih bisa menjaga integritasnya sebagai salah satu penyelenggara. Dimana bisa melakukan pengawasan secara maksimal.

”Pengawas TPS harus memahami, apa yang sedang dia awasi, apa saja yang dilarang dalam proses pemungutan suara. Salah satunya adalah protokol kesehatan,” ujar Acep.

Saat ini, Acep yakin kalau pengawas kecamatan dan keluarahan sudah menyiapkan SDM yang berkualitas yang sudah dijamin intergritasnya. ”Selain itu paham mengenai objek pengawasan, pada saat melakukan proses pemungutan suara,” kata dia.

Sementara Kordiv SDM dan Organisasi, Bawaslu Kota Tangsel, Karina Permata Hati menjelaskan bahwa saat ini Bawaslu sedang berupaya memastikan bahwa tahapan pelaksanaan Pilkada tidak akan menimbulkan klaster baru penularan Covid-19.

Sehingga saat ini, bawaslu menyediakan akses rapid untuk seluruh pengawas TPS. ”Dengan begini kita bisa memfilter atau menyaring pengawas TPS yang kemungkinan reaktif atau lainnya,” kata Karina.

Sementara belakangan, Karina mengapresiasi kinerja tim di kecamatan yang sudah berkoordinasi dengan Bawaslu Tingkat Kota, sehingga tahapan yang berlangsung pun bisa dilakukan dengan baik dan maksimal. (red)


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *