Connect with us

Cek Fakta

Beredar Hoaks Anies Gagal Nyapres Karena Tak Lolos Tes Kesehatan

[SALAH] Anies Gagal Nyapres Karena Tak Lolos Tes Kesehatan

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan video dengan klaim bahwa Anies gagal nyapres karena tak lolos tes kesehatan adalah konten yang dimanipulasi. Judul, isi video dan narasi dalam video tidak sesuai. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi mengenai hal tersebut.
====

[KATEGORI]: Konten Yang Dimanipulasi

====

Advertisement

[SUMBER]:https://archive.cob.web.id/archive/1698046686.683468/index.html

====
[NARASI]: “ANIES GAGAL NYAPRES – TAK LOLOS TEST KESEHATAN – DEPRESI BERAT !!”

====

[PENJELASAN]:

Advertisement

Sebuah akun Youtube dengan nama pengguna “Pilihan Rakyat” mengunggah video dengan klaim bahwa Anies gagal nyapres karena gagal dalam tes kesehatan. Faktanya tidak ada bukti kredibel mengenai hal tersebut.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi valid terkait klaim dalam narasi. Video tersebut hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu. Dalam video tersebut membahas tes kesehatan yang dijalankan oleh para Capres dan Cawapres diantaranya pasangan Ganjar-Mahfud dan Anies-Cak Imin. Ternyata narator hanya membacakan narasi milik detik.com yang berjudul “Hasto: Ada yang Deg-degan Tes Kesehatan, Kalau Ganjar-Mahfud Fit”.

Setelah ditelusuri lebih lanjut belum ditemukan bukti terkait hasil tes kesehatan para Capres dan Cawapres. Dilansir dari antaranews.com hasil tes kesehatan akan disampaikan secara kolektif setelah semua pasangan selesai memeriksakan kesehatannya. Sementara hingga saat ini, baru 2 bapaslon yang memeriksa kesehatannya. Sehingga dapat disimpulkan video unggahan di atas adalah konten yang dimanipulasi.

==========

Advertisement

[REFERENSI]

[1] https://news.detik.com/pemilu/d-6991463/hasto-ada-yang-deg-degan-tes-kesehatan-kalau-ganjar-mahfud-fit
[2] https://www.antaranews.com/berita/3785910/kepala-rspad-hasil-tes-kesehatan-bapaslon-disampaikan-kolektif

Source:Turnbackhoaks

Advertisement
Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer