Bolehkah Muslim Masuk ke Gereja? Jangan Emosi, Kita Ngaji Kitab Fiqh Yuk!
Sahabat dan guru saya, Ustaz Yusuf Mansur meminta saya menjelaskan bagaimana hukumnya seorang Muslim memasuki gereja. Belakangan ini ada tokoh yang mengatakan, âmurtad bagi Muslim yang masuk gereja.â Ada lagi yang mengatakan, âharam menurut mazhab Syafiâiâ. Bagaimana status hukumnya yang sebenarnya? Ada baiknya penjelasan ini saya tuliskan dan bagikan untuk yang lain.
Sebenarnya tidak ada larangan dalam nash al-Qurâan dan Hadits yang secara tegas melarang Muslim masuk gereja atau rumah ibadah lain. Karena itu, perkara ini masuk ke wilayah interpretasi, atau penafsiran para ulama. Itulah sebabnya para ulama berbeda pandangan mengenai status hukumnya.
Saya kutip keterangan dari kitab Mausuâah Fiqh Kuwait. Kitab ini ensiklopedia persoalan fiqh dari berbagai mazhab. Begini penjelasannya:
âÙÙ۱ÙÙ Ű§ÙÙŰÙÙÙÙÙÙÙÙŰ©Ù ŰŁÙÙÙÙÙÙ ÙÙÙÙ۱ÙÙÙ ÙÙÙÙÙ
ÙŰłÙÙÙÙ
Ù ŰŻÙŰźÙÙÙ Ű§ÙÙŰšÙÙŰčÙŰ©Ù ÙÙۧÙÙÙÙÙÙÙŰłÙŰ©ÙŰ ÙŰŁÙÙÙÙÙÙÙ Ù
ÙŰŹÙÙ
ÙŰčÙ Ű§ÙŰŽÙÙÙÙۧ۷ÙÙÙÙŰ ÙŰ§Ù Ù
ÙÙÙ ŰÙÙÙŰ«Ù Ű„ÙÙÙÙÙÙ ÙÙÙÙŰłÙ ÙÙÙÙ ŰÙÙÙÙ Ű§ÙŰŻÙÙŰźÙÙÙ. ÙÙŰ°ÙÙÙŰšÙ ŰšÙŰčÙŰ¶Ù Ű§ÙŰŽÙÙۧÙÙŰčÙÙÙÙŰ©Ù ÙÙÙ Ű±ÙŰŁÙÙÙ Ű„ÙÙÙÙ ŰŁÙÙÙÙÙÙ ÙŰ§Ù ÙÙŰŹÙÙŰČÙ ÙÙÙÙÙ
ÙŰłÙÙÙÙ
Ù ŰŻÙŰźÙÙÙÙÙÙۧ
âŰ„ÙÙۧÙÙ ŰšÙŰ„ÙŰ°ÙÙÙÙÙÙ
ÙŰ ÙÙŰ°ÙÙÙŰšÙ Ű§ÙÙŰšÙŰčÙŰ¶Ù Ű§ÙŰąÙŰźÙŰ±Ù ÙÙÙ Ű±ÙŰŁÙÙÙ ŰąŰźÙŰ±Ù Ű„ÙÙÙÙ ŰŁÙÙÙÙÙÙ ÙŰ§Ù ÙÙŰÙ۱ÙÙ
Ù ŰŻÙŰźÙÙÙÙÙÙۧ ŰšÙŰșÙÙÙŰ±Ù Ű„ÙŰ°ÙÙÙÙÙÙ
Ù. ÙÙŰ°ÙÙÙŰšÙ Ű§ÙÙŰÙÙÙۧۚÙÙÙŰ©Ù Ű„ÙÙÙÙ ŰŁÙÙÙÙ ÙÙÙÙÙ
ÙŰłÙÙÙÙ
Ù ŰŻÙŰźÙÙÙ ŰšÙÙŰčÙŰ©Ù ÙÙÙÙÙÙÙŰłÙŰ©Ù ÙÙÙÙŰÙÙÙÙÙÙ
Ùۧ ÙÙۧÙŰ”ÙÙÙۧÙŰ©Ù ÙÙÙ Ű°ÙÙÙÙÙŰ ÙÙŰčÙÙÙ ŰŁÙŰÙÙ
ÙŰŻÙ ÙÙÙÙ۱ÙÙÙ Ű„ÙÙÙ ÙÙۧÙÙ Ű«ÙÙ
ÙÙ Ű”ÙÙ۱ÙŰ©ÙŰ ÙÙÙÙÙÙ Ù
ÙŰ·ÙÙÙÙÙŰ§Ű Ű°ÙÙÙŰ±Ù Ű°ÙÙÙÙÙ ÙÙÙ Ű§Ù۱ÙÙŰčÙۧÙÙŰ©ÙŰ ÙÙÙÙŰ§Ù ÙÙÙ Ű§ÙÙÙ
ÙŰłÙŰȘÙÙÙŰčÙŰšÙ: ÙÙŰȘÙŰ”ÙŰÙÙ Ű”ÙÙۧÙŰ©Ù Ű§ÙÙÙÙ۱ÙŰ¶Ù ÙÙÙ Ű§ÙÙÙÙÙÙۧۊÙŰłÙ ÙÙۧÙÙŰšÙÙÙŰčÙ Ù
ÙŰčÙ Ű§ÙÙÙÙ۱ÙۧÙÙŰ©ÙŰ ÙÙÙÙŰ§Ù Ű§ŰšÙÙÙ ŰȘÙÙ
ÙÙÙ
Ù. ÙŰ§Ù ŰšÙŰŁÙŰłÙ ŰšÙŰŻÙŰźÙÙÙ Ű§ÙÙŰšÙÙÙŰčÙ ÙÙۧÙÙÙÙÙÙۧۊÙŰłÙ Ű§ÙÙÙŰȘÙÙ ÙŰ§Ù Ű”ÙÙÙŰ±Ù ÙÙÙÙÙŰ§Ű ÙÙۧÙŰ”ÙÙÙۧÙŰ©Ù ÙÙÙÙÙۧ. ÙÙÙÙŰ§Ù Ű§ŰšÙÙÙ ŰčÙÙÙÙÙÙ: ÙÙÙÙ۱ÙÙÙ ÙÙۧÙÙÙŰȘÙÙ ÙÙÙÙÙۧ Ű”ÙÙÙ۱ÙŰ ÙÙŰÙÙÙÙ ÙÙÙ Ű§ÙÙÙÙ۱ÙۧÙÙŰ©Ù Ű±ÙÙÙۧÙÙŰȘÙÙÙÙÙ. ÙÙÙÙŰ§Ù ÙÙÙ Ű§ÙŰŽÙÙ۱ÙŰÙ. ÙŰ§Ù ŰšÙŰŁÙŰłÙ ŰšÙۧÙŰ”ÙÙÙۧÙŰ©Ù ÙÙÙ Ű§ÙÙÙÙÙÙÙŰłÙŰ©Ù Ű§ÙÙÙÙŰžÙÙÙÙŰ©Ù Ű±ÙÙÙÙÙ Ű°ÙÙÙÙÙ ŰčÙÙÙ Ű§ŰšÙÙÙ ŰčÙÙ
ÙŰ±Ù ÙÙŰŁÙŰšÙÙ Ù
ÙÙŰłÙÙ ÙÙŰÙÙÙۧÙÙ ŰčÙÙÙ ŰŹÙÙ
ÙۧŰčÙŰ©ÙŰ ÙÙÙÙ۱ÙÙÙ Ű§ŰšÙÙÙ ŰčÙŰšÙÙŰ§ŰłÙ ÙÙÙ
ÙۧÙÙÙÙ Ű§ÙŰ”ÙÙÙۧÙŰ©Ù ÙÙÙ Ű§ÙÙÙÙÙÙۧۊÙŰłÙ ÙŰŁÙÙŰŹÙÙ Ű§ÙŰ”ÙÙÙÙ۱ÙŰ
Dari penjelasan di atas, paling tidak ada 4 perbedaan pendapat ulama.
Pertama, Ulama mazhab Hanafi berpendapat bahwa MAKRUH bagi seorang Muslim memasuki sinagog dan gereja.
Kedua, Sebagian ulama mazhab Syafiâi berpendapat bahwa TIDAK BOLEH bagi orang Muslim memasuki tempat ibadah non-Muslim KECUALI ada izin dari mereka. Sebagian ulama mazhab Syafiâi yang lain berpendapat bahwa TIDAK HARAM memasuki tempat ibadah non-Muslim meski tanpa ada izin dari mereka.
Ketiga, Ulama mazhab Hanbali berpendapat BOLEH bahwa memasuki sinagog dan gereja, dan rumah ibadah lainnya, serta melalukan shalat di dalamnya, tapi hukumnya MAKRUH menurut Imam Ahmad, jika di dalamnya ada gambar.
Keempat, Ibn Tamim berpendapat tidak mengapa masuk sinagog dan gereja jika tidak ada gambar di dalamnya, begitu juga shalat di dalamnya. Ibn Aqil berpendapat makruh karena ada gambar. Masalah ini ada dua pendapat: ada yang bilang tidak mengapa shalat di dalam gereja berdasarkan riwayat dari sahabat Nabi, Ibnu Umar dan Abu Musa, sebagaimana dikisahkan oleh banyak ulama, dan ada juga riwayat dari Ibn Abbas dan Malik bahwa shalat di gereja makruh karena ada gambarnya.
Penjelasan di atas terdapat dalam juz 20, halaman 245.
Adapun dalam juz 38, halaman 155, masih di kitab yang sama, ada tambahan keterangan:
âÙÙÙÙ۱ÙÙ Ű§ÙÙÙ ÙۧÙÙÙÙÙÙÙŰ©Ù ÙÙۧÙÙŰÙÙÙۧۚÙÙÙŰ©Ù ÙÙŰšÙŰčÙŰ¶Ù Ű§ÙŰŽÙÙۧÙÙŰčÙÙÙÙŰ©Ù ŰŁÙÙÙÙ ÙÙÙÙÙ ÙŰłÙÙÙÙ Ù ŰŻÙŰźÙÙÙ ŰšÙÙŰčÙŰ©Ù ÙÙÙÙÙÙÙŰłÙŰ©Ù ÙÙÙÙŰÙÙÙÙÙÙ Ùۧ
âUlama mazhab Maliki, Hanbali, dan sebagian ulama mazhab Syafiâi berpendapat bahwa BOLEH bagi orang Muslim memasuki sinagog, gereja dan rumah ibadah lainnya.â
Bayangkan, kita masih berdebat soal boleh memasuki gereja atau tidak, para ulama bahkan sudah membahas bolehkah shalat di dalam gereja. Seperti tercantum di atas, mereka mengatakan sholatnya sah, dan ada yang membolehkan secara mutlak, namun ada yang memgatakan sah, namun makruh karena ada gambar di dalam gereja.
Kita tambahkan dengan mengutip satu kitab fiqh perbandingan mazhab lainnya, yaitu kitab al-Mughni karya Ibn Qudamah.
Dalam juz 2, halaman 57:
â[ÙÙŰ”ÙÙÙ Ű§ÙŰ”ÙÙÙÙŰ§Ű©Ù ÙÙÙ Ű§ÙÙÙÙÙÙÙŰłÙŰ©Ù Ű§ÙÙÙÙŰžÙÙÙÙŰ©]
â(٩ي٩) ÙÙŰ”ÙÙÙ: ÙÙÙÙۧ ŰšÙŰŁÙŰłÙ ŰšÙۧÙŰ”ÙÙÙÙŰ§Ű©Ù ÙÙÙ Ű§ÙÙÙÙÙÙÙŰłÙŰ©Ù Ű§ÙÙÙÙŰžÙÙÙÙŰ©ÙŰ Ű±ÙŰźÙÙŰ”Ù ÙÙÙÙÙۧ ۧÙÙŰÙŰłÙÙÙ ÙÙŰčÙÙ
ÙŰ±Ù ŰšÙÙÙ ŰčÙŰšÙŰŻÙ Ű§ÙÙŰčÙŰČÙÙŰČÙ ÙÙۧÙŰŽÙÙŰčÙŰšÙÙÙÙ ÙÙۧÙÙŰŁÙÙÙŰČÙۧŰčÙÙÙÙ ÙÙŰłÙŰčÙÙŰŻÙ ŰšÙÙÙ ŰčÙŰšÙŰŻÙ Ű§ÙÙŰčÙŰČÙÙŰČÙ ÙÙ۱ÙÙÙÙÙ ŰŁÙÙÙ۶Ùۧ ŰčÙÙÙ ŰčÙÙ
ÙŰ±Ù ÙÙŰŁÙŰšÙÙ Ù
ÙÙŰłÙÙŰ ÙÙÙÙ۱ÙÙÙ Ű§ŰšÙÙÙ ŰčÙŰšÙÙŰ§ŰłÙ ÙÙÙ
ÙۧÙÙÙÙ Ű§ÙÙÙÙÙÙۧۊÙŰłÙŰ Ù
ÙÙÙ ŰŁÙŰŹÙÙÙ Ű§ÙŰ”ÙÙÙÙ۱Ù. ÙÙÙÙÙÙۧ Â«Ű ŰŁÙÙÙÙ Ű§ÙÙÙÙŰšÙÙÙÙ â Ű”ÙÙÙÙÙ Ű§ÙÙÙÙÙÙ ŰčÙÙÙÙÙÙÙ ÙÙŰłÙÙÙÙÙ
Ù â Ű”ÙÙÙÙÙ ÙÙÙ Ű§ÙÙÙÙŰčÙŰšÙŰ©Ù ÙÙÙÙÙÙÙۧ Ű”ÙÙÙ۱Ù» Ű Ű«ÙÙ
ÙÙ ÙÙÙÙ ŰŻÙۧ۟ÙÙÙŰ©Ù ÙÙÙ ÙÙÙÙÙÙÙÙ â ŰčÙÙÙÙÙÙÙ Ű§ÙŰłÙÙÙÙۧÙ
Ù -: «ÙÙŰŁÙÙÙÙÙÙ
Ùۧ ŰŁÙŰŻÙ۱ÙÙÙŰȘÙÙÙ Ű§ÙŰ”ÙÙÙÙŰ§Ű©Ù ÙÙŰ”ÙÙÙÙŰ ÙÙŰ„ÙÙÙÙÙÙ Ù
ÙŰłÙŰŹÙŰŻÙ»
Ibn Qudamah menjelaskan al-Hasan, Umar bin Abdul Azis, Syaâbi, Awzaâi dan Saâid bin Abdul Azis, serta riwayat dari Umar bin Khattab dan Abu Musa, mengatakan tidak mengapa shalat di dalam gereja yang bersih. Namun Ibn Abbas dan Malik memakruhkannya karena ada gambar di dalam gereja. Namun bagi kami (Ibn Qudamah dan ulama yang sepaham dengannya) Nabi Saw pernah shalat di dalam Kaâbah dan di dalamnya ada gambar. Ini juga termasuk dalam sabda Nabi: âjika waktu shalat telah tiba, kerjakan shalat di manapun, karena di manapun bumi Allah adalah masjid (tempat sujud).â
Ibn Qudamah juga mengutip kisah menarik dalam juz 7, halaman 283:
âÙÙ۱ÙÙÙÙ Ű§ŰšÙÙÙ ŰčÙۧۊÙŰ°Ù ÙÙÙ â ÙÙŰȘÙÙŰÙ Ű§ÙŰŽÙÙۧÙ
Ù âŰ ŰŁÙÙÙÙ Ű§ÙÙÙÙŰ”Ùۧ۱ÙÙ Ű”ÙÙÙŰčÙÙۧ ÙÙŰčÙÙ
ÙŰ±Ù â ۱Ù۶ÙÙÙ Ű§ÙÙÙÙÙÙ ŰčÙÙÙÙÙ -Ű ŰÙÙÙÙ ÙÙŰŻÙÙ
Ù Ű§ÙŰŽÙÙۧÙ
ÙŰ Ű·ÙŰčÙۧÙ
ÙŰ§Ű ÙÙŰŻÙŰčÙÙÙÙÙŰ ÙÙÙÙۧÙÙ: ŰŁÙÙÙÙÙ ÙÙÙÙŰ ÙÙۧÙÙÙۧ: ÙÙÙ Ű§ÙÙÙÙÙÙÙŰłÙŰ©ÙŰ ÙÙŰŁÙŰšÙÙ ŰŁÙÙÙ ÙÙŰ°ÙÙÙŰšÙŰ ÙÙÙÙۧÙÙ ÙÙŰčÙÙÙÙÙÙ: ۧÙ
ÙŰ¶Ù ŰšÙۧÙÙÙÙۧ۳ÙŰ ÙÙÙÙÙÙŰȘÙŰșÙŰŻÙÙÙÙۧ. ÙÙŰ°ÙÙÙŰšÙ ŰčÙÙÙÙÙÙ â ۱Ù۶ÙÙÙ Ű§ÙÙÙÙÙÙ ŰčÙÙÙÙÙ â ŰšÙۧÙÙÙÙۧ۳ÙŰ ÙÙŰŻÙŰźÙÙÙ Ű§ÙÙÙÙÙÙÙŰłÙŰ©ÙŰ ÙÙŰȘÙŰșÙŰŻÙÙÙ ÙÙÙÙ ÙÙۧÙÙÙ
ÙŰłÙÙÙÙ
ÙÙÙÙŰ ÙÙŰŹÙŰčÙÙÙ ŰčÙÙÙÙÙÙ ÙÙÙÙŰžÙŰ±Ù Ű„ÙÙÙ Ű§ÙŰ”ÙÙÙÙ۱ÙŰ ÙÙÙÙۧÙÙ: Ù
Ùۧ ŰčÙÙÙÙ ŰŁÙÙ
ÙÙŰ±Ù Ű§ÙÙÙ
ÙŰ€ÙÙ
ÙÙÙÙÙÙ ÙÙÙÙ ŰŻÙŰźÙÙÙ ÙÙŰŁÙÙÙÙÙŰ
âÙÙÙÙŰ°Ùۧ ۧŰȘÙÙÙÙۧÙÙ Ù
ÙÙÙÙÙÙ
Ù ŰčÙÙÙÙ Ű„ŰšÙۧŰÙŰ©Ù ŰŻÙŰźÙÙÙÙÙÙۧ ÙÙÙÙÙÙÙۧ ۧÙŰ”ÙÙÙ۱ÙŰ ÙÙÙÙŰŁÙÙÙÙ ŰŻÙŰźÙÙÙÙ Ű§ÙÙÙÙÙÙۧۊÙŰłÙ ÙÙۧÙÙŰšÙÙÙŰčÙ ŰșÙÙÙŰ±Ù Ù
ÙŰÙ۱ÙÙÙ
Ù
Ketika Umar bin Khattab memasuki negeri Syam dan itu diketahui oleh kaum Nasrani negeri tersebut, mereka berinisiatif untuk menyambut Umar dengan menyajikannya makanan. Namun jamuannya itu disajikan di dalam gereja mereka. Lalu Umar menolak hadir dan memrintahkan âAli untuk menggantikannya. Datanglah âAli ke undangan tersebut lalu masuk ke dalamnya dan menyantap hidangan yang disediakan. Kemudian Ali berkata: âaku tidak tahu kenapa Umar menolak datang?â Kata Ibn Qudamah, ini bukti kesepakatan mereka para sahabat bahwa memasuki gereja/sinagog tidaklah haram.
Nah, mungkin ada yang bertanya: mengapa Umar menolak datang? Kalau haram, mengapa Umar mengutus Ali? Kelihatannya alasan Umar tidak mau masuk dan menghadiri jamuan di gereja adalah karena khawatir umat Islam akan memahami bahwa boleh merebut gereja itu dan mengubahnya dijadikan masjid. Ini juga yang dilakukan Umar saat menolak masuk ke gereja di Palestina. Umar menghindari kerusakan dan kekerasan. Namun, jelas bahwa Imam Ali dan para sahabat memasuki gereja dan menghadiri jamuan di dalamnya.
Demikianlah penjelasan dari kitab klasik yang otoritatif agar kita tidak memahami persoalan ini dengan emosi dan mudah mengkafirkan atau memurtadkan suadara kita yang masuk ke dalam gereja. Ini bukan jawaban orang liberal, syiâah, orientalis, sekuler atau sebagainya. Ini murni jawaban dari kitab fiqh berdasarkan pendapat para ulama, dan praktek Nabi Saw dan para sahabat. Mari kita hormati keragaman pendapat ulama.
Tabik,
Nadirsyah Hosen
- Nasional4 hari ago
Wujud Penghormatan Negara, Menhan Sjafrie Beri Penganugerahan Kepada Veteran Pembela Kemerdekaan RI Seroja
- Nasional6 hari ago
Dampingi Presiden Prabowo, Wapres Gibran Rakabuming Raka Hadiri Perayaan Natal Nasional 2024
- Banten5 hari ago
Pj Gubernur A Damenta: Performa Bank Banten Semakin Hari Semakin BagusÂ
- Nasional6 hari ago
Kasus Uang Palsu di UIN Makassar, Menag Nasaruddin Umar: Kasih Hukuman Seberat-beratnya!
- Nasional2 hari ago
Presiden Prabowo Subianto Dorong Agenda Pemberdayaan, Pemerintah Siapkan Langkah Strategis
- Nasional4 hari ago
Presiden Prabowo Subianto: PPN 12% Hanya Barang dan Jasa Mewah
- Hukum4 hari ago
Kapolri: Perayaan Tahun Baru se-Indonesia Dipastikan Aman Terkendali
- Nasional5 hari ago
Pemerintah-DPR Bentuk Panja BPIH 1446 H/2025 M