Connect with us

Tangerang Selatan

Calon Jemaah Haji Tangsel Akan Ikuti Bimbingan Manasik di MAN IC Serpong

Kuota Haji Dipangkas 50 Persen, Jemaah Asal Tangsel Hanya 650 orang

Tahapan pelaksanaan ibadah haji tahun 2022, saat ini tengah mempersiapkan manasik haji tingkat kota Tangsel yang akan diadakan pada Sabtu-Ahad (21-22/05/2022) di MAN Insan Cendikia (IC) Serpong.

Kemenag Tangsel lewat Seksi PHU-nya tengah mempersiapkan manasik haji dalam beberapa hari ke depan. Bagi seluruh jemaah haji dari masing-masing kecamatan akan berkumpul di Aula MAN IC sebanyak 650 calon jemaah haji.

Manasik haji ini penting agar calon jemaah haji tidak bingung ketika melaksanakan ibadah di dua tanah suci Mekkah dan Madinah, kendati nanti setiap rombongan ada petugas haji dan pembimbing. Oleh karena itu sangat penting bagi calon jemaah haji mengikuti dengan serius.

Advertisement

Seluruh tahapan indah haji akan diajarkan termasuk bacaan doa yang penting diketahui. Tujuanya agar jemaah mendapatkan gambaran seperti apa nanti saat melaksanakan haji di sana.

Selain dibekali manasik haji tingkat kota sebanyak dua kali, juga ada manasik tingkat wilayah dari masing-masing KUA sesuai dengan domisili calon jemaah haji. Mereka akan dibekali sebanyak antara tiga hingga empat kali, agar lebih matang dan memahami dengan benar, baik rukun dan sahnya haji serta alur atau runutan tatacara beribadah haji.

Kuota haji Tabgsel saat kondisi normal sebelum pandemi tembus 1200 an jemaah. Namun karena ada pemangkasan 50 persen saat ini hanya 650 jemaah.

 

Advertisement

Sedangkan petugas Tim Pembimbing Ibadah Haji (TPIH) dari Kanwil Kemang Banten merilis ada 22 petugas dari kabupaten kota se Provinsi Banten. Tangsel sendiri ada tiga orang menjadi petugas yakni Kepala KUA Pamulang Khaerudin, dari Kemang Kota Tangsel bidang Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Suwawan, dan Tepuri selaku Pengawas Madrasah.

Mereka adalah yang telah mengikuti ujian secara selektif sejak dua tahun silam sebelum adanya pandemi. Sebetulnya dari Tangsel sendiri jumlahnya lebih dari itu. Hanya karena ada pengurangan kuota jemaah haji maka petugasnya pun disesuaikan.

Hingga saat ini jumlah kloter ibadah haji Indonesia belum ditentukan. Namun pada tanggal 6 Juni mendatang kloter pertama Indonesia diberangkatkan.

Kita semua berdoa semoga seluruh calon jemaah haji khususnya asal Kota Tangsel diberikan kesehatan dan kemudahan mulai dari proses administrasi, manasik haji, dilanjut dengan persiapan-persiapan hingga keberangkatan dan kembali ke tanah air lancar, serta menjadi haji yang mabrur. (afm/fid)

Advertisement

Populer