Cek Fakta: [SALAH] Anies: Kalau Hanya Bangun Kota Yang Megah, Firaun Juga Bisa (Yang Penting Habiskan APBD. Unfaedahpun Nggak Masalah)

By: Senin, 15 Februari 2021
[SALAH] Tangkapan Layar Artikel Detik.com "Anies: Kalau Hanya Bangun Kota Yang Megah, Firaun Juga Bisa" Yang Penting Habiskan APBD. Unfaedahpun Nggak Masalah

Tangkapan layar suntingan. Pada artikel asli detik.com yang tayang pada Selasa, 10 Januari 2017 tidak ada kalimat “Yang Penting Habiskan APBD. Unfaedah-pun ngak masalah”, serta penambahan foto anies mengecek kolong jembatan warna-warni.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG DIMANIPULASI

======

[SUMBER]: https://archive.fo/yXvPj

======

[NARASI}:

“Yaaeeelaaaah…..dirimu Super Tolol neh…..koq mao diSamakan dg Firaun…..😅😃🤣😛🤪….. SeJAHAT”nye Si Firaun…tpi dia mci Lebih SeGala”nye ri pd eloe Gabion…..🤣🤣🤣🤣😁”

======

[PENJELASAN]:

Akun facebook bernama Timor Erwins mengunggah tangkapan layar sampul artikel detik.com berjudul “Anies: : Kalau Hanya Bangun Kota Yang Megah, Firaun Juga Bisa” serta terdapat narasi tambahan pada foto Anies “Yang Penting Habiskan APBD. Unfaedahpun Nggak Masalah”.

Berdasarkan hasil penelusuran artikel detikom yang tayang pada selasa, 10 januari 2017 memang benar judul artikel seperti demikian. Namun, pada foto sampul Anies yang sedang diwawancara tidak ada narasi chat box “Yang Penting Habiskan APBD. Unfaedahpun Nggak Masalah”.

Selain itu, terdapat pula suntingan penambahan foto Anies Baswedan yang sedang memantau kolong jembatan dengan cat warna-warni. Foto asli Anies yang sedang memantau kolong jembatan berwarna-warni ditemukan pada postingan akun twitter bernama BK cah Boyolali pada 24 januari 2021.

======

REFERENSI:

https://news.detik.com/berita/d-3392505/anies-kalau-hanya-bangun-kota-yang-megah-firaun-juga-bisa

https://twitter.com/BkBahrul/status/1353294389502636032/photo/1

Copyright ©


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *