Cek Fakta: [SALAH] “cukong China yang di juluki 9 Naga di belakang Timses 01”

By on Sabtu, 20 April 2019

Video yang diedarkan oleh SUMBER adalah ketika Jokowi ke rumah duka melayat almarhum Eka Tjipta Widjaja, selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI

======

KATEGORI

Konten yang Salah.

======

SUMBER

(1) http://bit.ly/2UvQ9SO http://bit.ly/2ZkfaUN akun “Novita Patmasari” (facebook.com/novita.patmasari), sudah dibagikan 2 kali per tangkapan layar dibuat.

——

(2) http://bit.ly/2IwlAuU http://bit.ly/2Vj7DGm akun “Kiky Kinaswya Kiky” (facebook.com/kiki.kinaseya.9), sudah dibagikan 3,904 kali per tangkapan layar dibuat.

======

NARASI

(1) “Tolong Jawab yah…?? 🙏🏻🙏🏻
PENTING SOALNYA…??
Mohon pencerahan…. Apa bener ini cukong China yang di juluki 9 Naga yang ada di belakang Timses 01…????
.
.
Saya NANYAK….!??
Yg mau vidionya chata aja…”.

——

(2) “Penghianat !!! …
Wajib di tenggelamkan”.

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”.SUMBER membagikan foto hasil tangkapan layar dari video unggahan tahun 2018.

  • SUMBER membagikan video ketika Jokowi ke rumah duka melayat almarhum Eka Tjipta Widjaja.
  • SUMBER menambahkan narasi pelintiran untuk membangun premis yang salah, menghubung-hubungkan antara melayat dengan hal lain yang tidak ada kaitannya.

——

(2) Salah satu sumber video, http://bit.ly/2GpRh5z YouTube: “Presiden Jokowi Melayat Ke Rumah Duka Eka Tjipta Wijaya Pendiri Sinar Mas Group

BSI NET
Published on Jan 28, 2019

Ditengah jadwal padat, Presiden Jokowi meluangkan waktu melayat ke rumah duka berpulangnya bapak Eka Tjipta Wijaya pendiri Sinar Mas Group”.

======

REFERENSI

(1) http://bit.ly/2IxF9Tj TEMPO(dot)CO: “Eka Tjipta Widjaja Wafat, 30 Menit Jokowi Melayat ke Rumah Duka

Reporter: Antara
Editor: Martha Warta Silaban

Selasa, 29 Januari 2019 11:04 WIB

(foto)
Eka Tjipta Widjaja. dok.TEMPO

TEMPO.CO, Jakarta -Presiden Joko Widodo atau Jokowi, dalam perjalanan pulang menuju Istana Kepresidenan Bogor, Senin sore, 28 Januari 2019, menyempatkan diri memberikan penghormatan terakhir kepada pendiri Sinar Mas Group Eka Tjipta Widjaja yang wafat pada Sabtu, 26 Januari 2019.

“Sebelum pulang ke Istana Bogor, Presiden memberikan penghormatan terakhirnya,” demikian Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, kepada Antara di Jakarta, Selasa, 29 Januari 2019.

Jokowi berkunjung ke rumah duka di RSPAD Gatot Subroto pada Senin sekitar pukul 17.00 WIB. Kepala Negara bertemu dengan kerabat dan keluarga Eka Tjipta saat kunjungan selama sekitar 30 menit tersebut.

Jenazah Eka Tjipta berada di Rumah Duka Sentosa RSPAD, Jakarta sejak Minggu, 27 Januari 2019.

Eka Tjipta Widjaja wafat pada umur 98 tahun. Dia adalah pemilik konglomerasi Sinar Mas Group yang bergerak di bidang perkebunan, pulp and paper, properti, keuangan, serta energi.”

——

(2) http://bit.ly/2VV5OwA YouTube: “Prabowo dan Sandiaga Melayat Almarhum Eka Tjipta Widjaja

Tribunnews.com
Published on Jan 27, 2019
Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rizal Bomantama

TRIBUN-VIDEO.COM – Calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Salahudin Uno melayat almarhum pendiri Sinar Mas Group, Eka Tjipta Widjaja yang disemayamkan di Rumah Duka Sentosa RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Minggu (27/1/2019).

Sandiaga yang mengenakan kemeja koko putih hadir sekitar pukul 16.30 WIB sambil membawa payung menembus hujan yang mengguyur sejak siang.

Usai mengucapkan dukacita kepada keluarga almarhum Eka Tjipta Widjaja, Sandiaga Uno mengingat nasihat yang pernah disampaikan beliau kepada dirinya.

“Saat saya pertama kali ditunjuk sebagai Ketua Umum HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia), 12-13 tahun lalu saya berkunjung ke beliau, di mana almarhum memberi nasihat jika bisnis ingin sukses harus kerja keras dan membangun jejaring pertemanan atau ‘networking’,” jelas Sandiaga.

Setelah Sandiaga Uno, calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto melayat almarhum Eka Tjipta Widjaja, pendiri Sinar Mas Group yang disemayamkan di Rumah Duka Sentosa RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Minggu (27/1/2019) sore.

Prabowo yang mengenakan kemeja putih lengan panjang dan kopiah hitam datang sekitar pukul 17.39 WIB.

Setelah disambut oleh pihak keluarga Prabowo langsung memasuki ruangan tempat jenazah Eka Tjipta Widjaja disemayamkan, di mana juga sedang berlangsung ibadah penghiburan.

Prabowo mengaku dirinya merasa wajib untuk datang melayat almarhum Eka Tjipta Widjaja.

“Saya kan kenal beliau dan keluarganya sejak muda, sehingga saya merasa wajib untuk menyampaikan rasa belasungkawa,” ujar Prabowo setelah 30 menit melayat. (*)”

——

(3) http://bit.ly/2UPsPV5 YouTube: “Mulai Prabowo Hingga Ahok Melayat ke Rumah Duka Bos Sinar Mas

BeritaSatu
Published on Jan 27, 2019

Sejumlah tokoh silih berganti melayat ke rumah duka untuk memberi penghormatan terakhir kepada mendiang pendiri Sinar Mas Eka Tjipta Widjaja di RSPAD Gatot Subroto Jakarta, Minggu (27/1).

Official Website: http://beritasatu.com

Facebook.com/BeritaSatu
Youtube.com/BeritaSatu
@BeritaSatu”.

======

Sumber: https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/836461930019677/

Copyright ©