Cek Fakta: [SALAH] Eramuslim: Berkas Formulir C1 PKS Bima Dirampok

By on Minggu, 21 April 2019
[SALAH] Eramuslim: Berkas Formulir C1 PKS Bima Dirampok

Artikel yang disalin oleh situs Eramuslim adalah berita tahun 2014, selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten yang Salah.

======

SUMBER

(1) http://bit.ly/2VX71mV http://bit.ly/2UxmGI6, situs eramuslim(dot)com.

——

(2) Cuitan akun “Hidayat Nur Wahid” (twitter.com/hnurwahid, akun terverifikasi). Sudah tidak bisa diakses per dilaporkan ke MAFINDO.

=====

NARASI

Cek (1) bagian REFERENSI.

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”.

  • SUMBER membagikan artikel terbitan tahun 2014 dari situs REPUBLIKA(dot)CO(dot)ID.
  • SUMBER (1) membagikan ulang artikel untuk membangun premis yang salah bahwa peristiwa terjadi saat berita ditayangkan.
  • SUMBER (2) menambahkan narasi pelintiran sambil membagikan ulang peristiwa di 2014 untuk membangun premis yang salah bahwa peristiwa terjadi saat ini.

——

(2) Sumber artikel yang disalin, REPUBLIKA(dot)CO(dot)ID @ 11 Apr 2014: “Berkas Formulir C1 PKS Bima Dirampok”, selengkapnya di (1) bagian REFERENSI.

======

REFERENSI

(1) http://bit.ly/2PlC4qd REPUBLIKA(dot)CO(dot)ID: “Berkas Formulir C1 PKS Bima Dirampok

Jumat 11 Apr 2014 15:12 WIB
Red: Maman Sudiaman

(foto)
Pelaku memecahkan kaca mobil Foto: Istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, BIMA — Pelaksanaan pesta demokrasi di Bima tercoreng. Seperti yang dialami tim lapangan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Bima provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Mobil operasional saksi dari PKS yang membawa formulir C1 dari berbagai TPS di Kabupaten Bima Propinsi NTB dihadang sekelompok orang bersenjata tajam berjenis parang, Kamis (10/4) sore.

Dalam aksinya, pelaku menghadang petugas dihadang di tengah jalan lalu ditodong dengan senjata tajam di sebuah tanjakan di Desa Punti. Ketua DPD PKS Kabupaten Bima, Ilham mengatakan kelompok yang berjumlah sekitar 26 orang itu menggunakan mobil jenis pickup berwarna biru dan beberapa sepeda motor.

“Ban mobil petugas kami diganjal batu dari depan dan belakang sehingga tidak bisa bergerak”, terang Ilham dalam siaran persnya yang diterima ROL, Jumat (11/4). Kemudian sambil menodongkan parang, para penghadang itu meminta 2 orang petugas PKS untuk turun dari mobil. Namun karena merasa terancam, petugas PKS hanya menurunkan kaca jendela samping supir dan mengunci semua pintu.

“Karena permintaannya ditolak, kelompok itu kemudian memecahkan kaca mobil dan mengambil semua berkas formulir C1 di jok belakang mobil PKS,” ungkapnya.

Ilham menambahkan bahwa pagi ini partainya telah melaporkan kejadian ini ke Polres Bima dan KPUD Bima. “Petugas kami membawa surat tugas resmi dari partai untuk megumpulkan form C1 dari TPS-TPS,” ujarnya.”

——

(2) http://bit.ly/2PlnWx4, laporan (mention) ke akun @turnbackhoax (twitter.com/turnbackhoax).

======

Sumber: https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/878209819178221/

http://platform.twitter.com/widgets.js

Copyright ©