Cek Fakta: [SALAH] Foto Jokowi Siap Memimpin 3 Periode

By: Minggu, 2 Agustus 2020
[SALAH] Foto Jokowi Siap Memimpin 3 Periode

Foto tersebut diambil dari berita Kompas yang berjudul “Hadiri Paripurna di DPRD, Jokowi Disambut Salam Tiga Jari” yang tayang pada 23 Juli 2014. Foto tersebut diambil oleh Fotografer Kompas Rodrick Adrian Mozes. Isyarat tiga pada jari Jokowi merupakan salam tiga jari bukan tiga periode.

Hasil Periksa Fakta Aisyah Adilah (Anggota Komisariat MAFINDO IISIP Jakarta).

 

= = = = =

KATEGORI: KONTEN YANG SALAH

= = = = =

SUMBER: FACEBOOK

https://archive.fo/aktVM

= = = = =

NARASI:

“Selamat siang para pejuang NKRI mari kita rapatkan barisan dukung pk.jokowi 3 periode,biar Indonesia tmbh makmur gemah ripah loh jinawi seperti cita2 luhur pendiri bangsa ini.90% rakyat indonesia menginginkan pk.jokowi 3 Periode,agar bisa melanjutkan pembangunan yg sdah dicapai saat ini.Indonesia makin maju dan
sukses bersama pk.Jokowi…Amiiinnn….”

= = = = =

PENJELASAN:

Sebuah akun Facebook M Rodexs mengunggah foto Jokowi sedang mengangkat 3 jarinya. Narasi yang terdapat dalam foto menyebutkan “Kalian Siap Saya Pimpin Tiga Periode.”

Setelah ditelusuri, foto tersebut merupakan foto karya jurnalis Kompas, Roderick Adrian Mozes. Foto tersebut digunakan dalam artikel berjudul Hadiri Paripurna di DPRD, Jokowi Disambut “Salam Tiga Jari” yang tayang pada 23 Juli 2014.

Keterangan di bawah foto mengatakan bahwa foto tersebut diambil saat Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK) melambaikan salam tiga jari usai memberikan pidato kemenangan, di sebuah kapal pinisi di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara, Selasa (22/7/2014).

Ada pun makna dari salam tiga jari ialah agar rakyat Indonesia tidak lagi menyekat nomor satu dan nomor dua setelah Komisi Pemilihan Umum menetapkan Jokowi dan wakilnya, Jusuf Kalla, sebagai pemimpin Indonesia.

“Lupakan nomor satu, nomor dua. Kembali pada Indonesia satu, Indonesia raya,” ujar Jokowi di atas kapal pinisi di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara, Selasa (22/7/2014) malam.

Ia menambahkan, bangsa Indonesia merupakan bangsa yang kuat karena rakyatnya bersatu. Hal ini seperti bunyi sila ketiga, Persatuan Indonesia.

“Salam tiga jari, Persatuan Indonesia,” kata Jokowi menutup pidatonya.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka konten yang dibagikan sumber masuk ke dalam kategori Konten yang Salah.

= = = = =

REFERENSI:

https://megapolitan.kompas.com/read/2014/07/23/1530397/Hadiri.Paripurna.di.DPRD.Jokowi.Disambut.Salam.Tiga.Jari

https://nasional.kompas.com/read/2014/07/22/2308016/Jokowi.Salam.Tiga.Jari.Persatuan.Indonesia

Copyright ©


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *