Cek Fakta: [SALAH] Gambar “Pengujian Vaksin Covid-19 Telah Sukses”

By: Kamis, 30 Juli 2020
[SALAH] Gambar “Pengujian Vaksin Covid-19 Telah Sukses”

Gambar tersebut merupakan hasil suntingan/editan. Faktanya foto bayi yang tengah dirawat dan dipakaikan banyak alat bantu hidup itu sudah beredar sejak tahun 2016.

Hasil Periksa Fakta Konaah (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta).

= = =

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi

= = =

SUMBER: FACEBOOK

https://archive.vn/1iMse

= = =

NARASI:

Akun Facebook U Ali Hafid yang mengunggah sebuah gambar yang seolah memperlihatkan wajah Prof. Mahfud MD dengan tubuh bayi yang tengah dirawat dan dipakaikan banyak alat bantu hidup dengan narasi sebagai berikut:

“Pengujian vaksin covid19 telah sukses”

= = =

PENJELASAN:

Setelah ditelusuri, ternyata gambar tersebut merupakan hasil suntingan/editan. Diketahui bahwa foto asli bayi tersebut sudah beredar sejak tahun 2016, tapi tidak terdapat informasi valid yang menjelaskan di mana foto tersebut berasal dan bagaimana keadaan bayi tersebut.

Dilansir dari katadata.co.id, organisasi kesehatan dunia (WHO) melaporkan hingga pekan ini sudah ada lima kandidat vaksin virus Covid-19 yang telah memasuki uji coba klinis fase ketiga. Tahap ini merupakan proses yang melibatkan uji coba pada sampel penduduk berjumlah besar di beberapa lokasi sebelum diproduksi.

Dari data WHO yang dirilis pada Senin (27/7), vaksin yang telah masuk fase ketiga terdiri dari ChAdOx1-S milik Oxford dan AstraZeneca, Sinovac, serta Moderna dan dua lainnya dikembangkan Sinopharm bersama Wuhan Institue of Biological Products dan Beijing Institute of Biological Products.

Adapun tahan pengujian vaksin virus Covid-19 semua proses uji coba vaksin harus dilakukan dengan standar yang diterapkan oleh WHO. Calon vaksin harus melewati empat tahap sebelum bisa didistribusikan kepada masyarakat, yaitu tahap uji praklinis dan tiga tahap uji klinis.

= = =

REFERENSI:

http://oknation.nationtv.tv/blog/watlayan/2016/09/17/entry-2

https://katadata.co.id/ameidyonasution/berita/5f1fda8972d41/lima-vaksin-corona-masuki-uji-coba-tahap-tiga-salah-satunya-sinovac

https://katadata.co.id/muhammadridhoi/berita/5f1edd2f73c94/vaksin-corona-semakin-temui-titik-terang-ini-tahapan-pengujiannya

Copyright ©


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *