Cek Fakta: [SALAH] “Jakarta Hampir Tenggelam, Anis Malah Sibuk Makan”

By: Selasa, 23 Februari 2021
[SALAH] “Jakarta Hampir Tenggelam Anis Malah Sibuk Makan”

Hasil Periksa Fakta Ani Nur MR (Universitas Airlangga).

Informasi palsu. Faktanya, foto tersebut diambil tahun 2016 ketika Anies rehat di sela-sela kampanye Pilgub DKI tahun 2016 silam, sehingga tidak ada hubungannya dengan banjir Jakarta tahun 2021 terkini.

Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI.

=====

KATEGORI: FALSE CONTEXT

=====

SUMBER: Twitter
https://archive.vn/GOVlc

======
NARASI:

Persiapkan diri ya nies biar bisa Ada tenaga buat ngeles
JAKARTA HAMPIR TENGGELAM ANIS MALAH SIBUK MAKAN
*Foto Anies Baswedan sedang makan di warteg

======

PENJELASAN:

Beredar postingan oleh akun Twitter @CanNarida, yang memperlihatkan Anies Baswedan sedang makan di warung. Postingan tersebut beredar di tengah situasi banjir yang sedang melanda DKI Jakarta, Minggu (21/02/2021), dalam narasinya juga disertai hashtag yang sedang trending #AniesNgapainAja. Akun Twitter @CanNarida kemudian mengklaim bahwa Anies malah sibuk makan di tengah situasi banjir.

Setelah dilakukan penelusuran fakta, diketahui bahwa foto tersebut sudah ada sejak tahun 2016. Melansir dari kompas.com, kala itu Anies selesai kampanye di RW 04, Kelurahan Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara, pada Jumat (18/11/2016) sore. Kemudian karena lapar, Anies pun menyempatkan makan di salah satu warteg (warung tegal) milik warga sekitar.

Terlihat disekitar tempat duduk Anies, ada beberapa warga yang berkumpul, Gubernur DKI terpilih itupun sesekali mengajak ngobrol sembari makan, beberapa warga menyampaikan aspirasinya jika Anies terpilih menjadi Gubenur.

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan, klaim oleh akun Twitter @CanNarida bahwa Anies Baswedan sibuk makan di tengah banjir DKI tahun 2021 adalah HOAX dan termasuk kategori FALSE CONTEXT.

======
REFERENSI:
https://news.detik.com/berita/d-3348922/lapar-saat-kampanye-anies-baswedan-mampir-makan-di-warteg

https://megapolitan.kompas.com/read/2016/11/18/19071701/saat.makan.di.warteg.anies.diminta.tak.gusur.permukiman.di.ancol

https://megapolitan.kompas.com/read/2016/11/18/21171881/twitter.com

Copyright ©


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *