Cek Fakta: [SALAH] Jokowi: Saya Itu Kalo Lagi Marah Sering Lupa Apa yang Diomongin, Makanya Saya PakeTek

By: Rabu, 8 Juli 2020
[SALAH] Foto Presiden Jokowi dengan Narasi Mengakui Bahwa Marahnya Menggunakan Teks

Unggahan Foto Presiden Jokowi dengan narasi mengakui bahwa dirinya marah dengan teks adalah tidak benar. Diketahui foto aslinya adalah karya Jurnalis Antara yakni Wahyu Putro A yang diambil 2018 lalu dan tidak ada hubungannya dengan aksi marah Presiden Jokowi kepada menteri – menteri di kabinet beberapa waktu lalu.

=====

KATEGORI: Konten yang Salah

=====

SUMBER: Facebook ( https://archive.fo/3Gpzj )

=====

NARASI:

“Saya itu kalo lg MARAH.. SERING LUPA apa yg di OMONGIN, MAKA NYA SAYA pake Tek,” tulisan yang disematkan pada foto Presiden Jokowi yang diunggah akun Facebook Wiro Sableng (Wiro Jak Mania) atau @angga.pratama.52831666, Rabu (1/7).

=====

PENJELASAN:

Akun Facebook Facebook Wiro Sableng (Wiro Jak Mania) atau @angga.pratama.52831666 mengunggah foto Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan penambahkan tulisan dalam foto yang berbunyi ““Saya itu kalo lg MARAH.. SERING LUPA apa yg di OMONGIN, MAKA NYA SAYA pake Tek,” pada Rabu (1/7).

Selain itu, akun Facebook Wiro Sableng juga menambahkan narasi “Kapan Mundur dia sih
Udah merasa bosen saya😂,” tulisnya, Rabu (1/7).

Setelah menelusuri melalui mesin pencari, unggahan akun Facebook Wiro Sableng diketahui salah atau keliru.

Foto asli Presiden Jokowi yang mengenakan setelan jas dengan dasi merah dan berdiri di podium adalah karya dari Jurnalis Antara yakni Wahyu Putro A. Foto tersebut dijadikan sampul oleh viva.co.id untuk artikel berjudul “Pasal MD3 Bikin DPR ‘Perkasa’, Ini Respons Jokowi” yang ditayangkan pada Selasa, 13 Februari 2018 lalu.

Kemudian, Ketika diketikan narasi serupa yang terdapat dalam foto tersebut yang diklaim akun Facebook Wiro Sableng, tidak ditemukan pemberitaannya pada media daring.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden, Ali Mochtar Ngabalin juga telah membantah penilaian Pengamat Politik, Rocky Gerung yang mengatakan Presiden Jokowi marah dengan menggunakan teks. Ia mengatakan bahwa Presiden Jokowi marah tidak menggunakan teks.

“Dari mana bisa dia tahu, mana ada orang marah-marah pakai teks?. Apakah kalau beliau (Jokowi) melihat beberapa poin materi di itu kemudian marah-marah harus pakai teks, sehingga harus dinilai pake gimik itu kan tergantung,” ujar Ngabalin, Rabu (1/7).

=====

REFERENSI:

1. https://archive.fo/3Gpzj
2.https://www.facebook.com/groups/282806375631591/permalink/711133432798881/?_rdc=1&_rdr
3. https://www.viva.co.id/berita/nasional/1006637-pasal-md3-bikin-dpr-perkasa-ini-respons-jokowi
4. https://www.suara.com/news/2020/07/02/041500/rocky-gerung-sebut-jokowi-marah-pakai-teks-ngabalin-dari-mana-bisa-tahu

Copyright ©


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *