Connect with us

Daur ulang hoaks yang sebelumnya beredar pada 2006. Melihat atau berada di dekat api tidak akan membuat lensa kontak meleleh, karena titik lelehnya tinggi (diatas 121 derajat Celcius).

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

Advertisement

KATEGORI

Konten Palsu.

======

SUMBER

Advertisement

http://bit.ly/2MJZNC1 akun “Dynee Sekare Lukito” (facebook.com/kusdiandini), sudah dibagikan 15 kali per tangkapan layar dibuat.

======

NARASI

” … lensa kontak terbuat dari plastik, dan saat dia membakar makanan, suhu overheating melelehkan lensa kontaknya!
Jadi tolong beri tahu teman-teman Anda di sekitar barbeque dan dekat sumber api, tolong jangan memakai lensa kontak! ! …”

Salinan narasi selengkapnya di (4) bagian REFERENSI.

Advertisement

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten Palsu

Konten baru yang 100% salah dan didesain untuk menipu serta merugikan”.

SUMBER membagikan hoaks yang beredar pada tahun 2006, sudah diklarifikasi oleh beberapa sumber di tahun lalu, misalnya pada tahun 2017.

Advertisement

(2) Beberapa artikel yang berkaitan:

* Hoax-Slayer: “Menurut sebuah pesan yang mulai beredar melalui email lebih dari satu dekade lalu, seorang pemuda yang menatap api BBQ menjadi buta ketika lensa kontak yang dia kenakan meleleh ke matanya. Versi media sosial kemudian mengubah jenis kelamin korban yang diduga dan menggunakan beberapa gambar untuk mengilustrasikan cerita tersebut. Namun, klaim dalam “peringatan” bodoh ini tidak benar.”

Google Translate, selengkapnya di http://bit.ly/2ZsMOKZ / http://archive.fo/vnLwC (arsip cadangan).

* EyeHealthCentral(dot)com: “Menonton arang terbakar di panggangan barbecue tidak akan melelehkan lensa kontak Anda. Desas-desus itu, yang memiliki banyak variasi dan umumnya dibagikan di media sosial, sepenuhnya salah. Lensa Kontak disterilkan dengan autoclaving hingga 121 derajat Celcius, dan itu tidak cukup untuk melelehkan mereka. Tentu saja, jika wajah Anda mencapai setengahnya saja, Anda akan memiliki beberapa masalah besar. …”

Advertisement

Google Translate, selengkapnya di http://bit.ly/2ZqTskX / http://archive.fo/dsvA0 (arsip cadangan).

======

REFERENSI

(1) Beberapa artikel lainnya yang berkaitan:

Advertisement

* detikHealth: “… Terkait hal tersebut dr Zeiras Eka Djamal, SpM, dari Jakarta Eye Center (JEC) Cinere menegaskan bahwa kabar tersebut hoax. Meski terbuat dari bahan plastik lensa kontak tidak mudah meleleh hanya dengan menatap atau berada dekat api.

“Lensa kontak tidak segampang itu terbakar apalagi kalau hanya melihat api. Sama seperti kacamata plastik titik lelehnya itu tinggi,” kata dr Zeiras pada detikHealth, Rabu (28/8/2019).

“Tapi mungkin orang bisa jadi enggak nyaman karena asap dari bakarnya itu bikin iritasi. Lensa kontak sendiri bikin mata kering terus kena asap tambah kering sehingga rasanya enggak enak,” lanjutnya. …”

Selengkapnya di http://bit.ly/2UfjZN5 / http://bit.ly/2zxEzOQ (arsip cadangan).

Advertisement

* detikHealth: “… Menurut keterangan American Academy of Ophthalmology (AAO) lensa kontak memang terbuat dari polimer plastik yang bisa meleleh namun bila terpapar suhu panas tinggi.

“Jadi kalau hanya melihat sumber api selama dua atau tiga menit tidak akan membuat lensa kontak mencapai titik leleh. Kecuali bila orang tersebut secara langsung terbakar yang pada saat itu tentu saja ia akan menderita luka bakar serius di seluruh tubuh dan mata,” kata spesialis mata William Barry Lee dari AAO dikutip dari situs resminya.”

Selengkapnya di http://bit.ly/2zxF7nS / http://bit.ly/2zvNMra (arsip cadangan).


(2) http://bit.ly/30M8or6, arsip cadangan SUMBER.


(3) Pertanyaan dari salah satu anggota FAFHH.


(4) Salinan narasi selengkapnya: “Info.. buat tmn2 yg suka pakai lensa mata..
Lepaskan lensa kontak Anda di barbeque, atau tempat di mana Anda mungkin terpapar api!
Saya mendengar hal buruk terjadi di Malaka, …
Suatu hari, seorang anak laki-laki berusia 21 tahun mengenakan lensa kontak untuk menghadiri pesta barbeque!
Hanya beberapa menit setelah dia mulai membakar dengan arang, dia tiba-tiba berteriak, lalu melompat dan melompat kesakitan, berguling-guling di tanah …
Yg menyaksikan pd ketakutan semua. Tidak ada yang tahu apa yang terjadi?
Semua orang buru-buru mengirimnya ke rumah sakit, dokter berkata,
Dia tidak akan pernah dpt melihat lagi!
Alasannya: lensa kontak terbuat dari plastik, dan saat dia membakar makanan, suhu overheating melelehkan lensa kontaknya!
Jadi tolong beri tahu teman-teman Anda di sekitar barbeque dan dekat sumber api, tolong jangan memakai lensa kontak! !
Jika Anda menerima artikel bagus yang dibagikan oleh orang lain, jangan khawatir, Anda dapat terus membagikannya dengan teman-teman Anda!
Ketika kita fokus pada orang-orang, orang-orang juga rela meneruskan dengan antusiasme tinggi, saya berharap kita semua adalah orang-orang yang penuh perhatian, tetapi juga mereka yang memiliki hati …
…???”.

Copyright ©

Advertisement

Populer