Cek Fakta: [SALAH] Makan Buah Saat Perut Kosong Bisa Sembuhkan Kanker

By on Sabtu, 12 Oktober 2019
[SALAH] Makan Buah Saat Perut Kosong Bisa Sembuhkan Kanker

Debunk ini berisi bantahan terkait informasi yang beredar di media sosial yang menyebutkan bahwa mengkonsumsi buah saat perut kosong dapat menyembuhkan kanker menurut Dokter Stephen Mak dan Herbert Shelton. Faktanya, makan buah-buahan dalam kondisi perut kosong bermanfaat menyembuhkan kanker tidak terbukti (hoaks). Sedangkan dua orang yang diklaim sebagai Dokter faktanya bukanlah Dokter yang sesungguhnya.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

======

[SUMBER]: MEDIA SOSIAL

https://web.archive.org/web/20191010070149/https://www.facebook.com/fatin.fachriah/posts/707142609698570

======

[PENJELASAN]:

Beredar di media sosial facebook informasi kesehatan yang menyebut bahwa mengkonsumsi buah-buahan saat perut kosong dapat menyembuhkan kanker. Makan buah dalam kondisi perut kosong (sebelum makan) diklaim sebagai penyembuhan alami bagi tubuh terhadap penyakit.

Hal itu diperkuat dengan mencatut nama dua orang dokter yaitu Dr Stephen Mak dan Dr Herbert Shelton
Setelah ditelusuri, dilansir dari Sekoci Hoaxes informasi tersebut awalnya beredar melalui email yang muncul dari sebuah artikel lama di situs epicureanworld.com.sg yang ditulis pada tahun 1998 oleh Devagi Sanmugam, koki dan penulis kuliner yang tinggal di Singapura.

Artikel yang dirilis berjudul “We all think eating fruits means just buying fruits… “ menyebutkan bahwa buah-buahan harus dimakan pada kondisi perut kosong; tanpa menyebutkan nama Dr Stephen Mak ( namun menyebutkan nama Dr Herbert Shelton) dan tidak mengatakan menyembuhkan kanker juga tidak menyebutkan daftar buah-buahan – diet sehat yang disarankan selama 3 hari untuk membersihkan atau detoksifikasi tubuh Anda.

Kemudian dalam informasi tersebut terdapat dua nama dokter yang dicantumkan yaitu, Dr Stephen Mak dan Dr Herbert Shelton. setelah ditelusuri, didapatkan sebuah artikel yang diterbitkan pada February 2010 di situs Yellowstar Essentials Blog, artikel tersebut terlihat jelas menggabungkan cerita dari Devagi Sanmugam.

Artikel ini dinyatakan sebagai email yang diterima dari seorang teman karib (Dr. Stephen Mak) di BSF. Namun, kami tidak menemukan kutipan secara online yang kredibel tentang Dr. Stephen Mak.
Kemudian Nama Dr Herbert Shelton yang disebutkan dalam artikel yang ditulis Sanmugam dikatakan telah melakukan penelitian waktu yang tepat mengkonsumsi buah-buahan, sebagai rahasia kecantikan, umur panjang, energi, kebahagiaan dan berat badan ideal.

Namun, faktanya Herbert M Shelton bukan seorang dokter, ia merupakan seorang naturopath Amerika, advokat pengobatan alternatif, dan penulis. Ia pernah beberapa kali ditangkap dan dipenjara juga didenda atas beberapa tuduhan, seperti praktek kedokteran tanpa lisensi.

Kesimpulannya Klaim bahwa makan buah-buahan dalam kondisi perut kosong bermanfaat menyembuhkan kanker tidak terbukti (hoax). Cerita yang beredar berdasarkan gabungan artikel berbeda dengan dua nama, tidak ada keterangan siapa Dr Stephen Mak dan Herbert Shelton bukanlah seorang dokter.

======

REFERENSI:
https://www.hoaxes.id/2017/02/makan-buah-saat-perut-kosong-dapat-menyembuhkan-kanker-hoax.html
https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4740391/hoaks-makan-buah-saat-perut-kosong-tidak-menyembuhkan-kanker
https://www.kominfo.go.id/content/detail/21904/hoaks-makan-buah-saat-perut-kosong-menyembuhkan-kanker/0/laporan_isu_hoaks

Copyright ©