Cek Fakta: [SALAH] Mobil Esemka Berbahan Dasar Kayu

By: Minggu, 14 Maret 2021
[SALAH] Mobil Esemka Berbahan Dasar Kayu “Solo-Jakarta”

Hasil Periksa Fakta Rahmah An Nisaa (Uin Sunan Ampel Surabaya).

Hoax lama yang kembali muncul. Foto sudah disunting. Faktanya mobil tersebut memang benar berbahan dasar kayu, namun pada foto asli tidak terdapat kata “esemka” dan “Solo-Jakarta” seperti halnya yang beredar.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

===

KATEGORI: MANIPULATED CONTENT

===

SUMBER: FACEBOOK
https://archive.vn/yjBBn

===

NARASI:
“KATA PAK DE MARI CINTAI PRODUK DALAM NEGRI.”

===

PENJELASAN:

Akun Facebook “Muhwas” mengunggah sebuah foto mobil berbahan dasar kayu dengan tulisan “esemka” dan “Solo-Jakarta” pada bodi mobil. Unggahan tersebut telah disukai sebanyak 10 oleh pengguna Facebook lain dan mendapat 3 komentar.

Setelah dilakukan penelusuran, diketahui bahwa foto serupa pernah diunggah oleh steemit.com pada 8 Desember 2018. Dalam artikelnya, steemit.com memberi keterangan bahwa mobil pada foto tersebut sangat unik karena terbuat dari kayu. Pada foto tersebut tidak terdapat tulisan “esemka” seperti halnya yang beredar di Facebook.

Sebelumnya, di tahun 2020 juga sempat beredar hoax serupa, dengan judul artikel “[SALAH] Foto Mobil Esemka Berbahan Dasar Kayu” pada 23 Juli 2020.

Berdasarkan penjelasan diatas, mobil esemka berbahan dasar kayu masuk dalam katergori manipulated content/konten yang dimanipulasi karena foto merupakan hasil suntingan.

===

REFERENSI:
https://steemit.com/creative/@zubett/unique-car-whose-body-is-made-of-wood

Copyright ©


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *