Cek Fakta: [SALAH] Ngabalin Sebut Jokowi Keturunan Nabi Sulaiman

By: Sabtu, 17 Oktober 2020
[SALAH] Ngabalin Sebut Jokowi Keturunan Nabi Sulaiman

Hasil periksa fakta Aisyah Adilah (Anggota Komisariat MAFINDO Institut Ilmu Sosial Ilmu Politik Jakarta)

Faktanya, tidak ada pernyataan Ali Mochtar Ngabalin yang menyebut Jokowi keturunan Nabi Sulaiman dan media togognews.com tidak ditemukan serta tidak terdaftar di Dewan Pers.

= = = = =

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

= = = = =

[SUMBER]: FACEBOOK
https://archive.vn/trYK1

= = = = =

[NARASI]:
Mohon jangan macam2 sama yg katanya keturunan nabi Sulaiman…

= = = = =

[PENJELASAN]:

Akun Facebook Prabu Wicaksono mengunggah sebuah foto berita berjudul “NGABALIN: Jangan macam-macam sama Pak Jokowi, beliau keturunan Nabi Sulaiman,buktinya bisa bicara dengan Bebek”. Unggahan tersebut telah dibagikan sebanyak 19 kali dengan 29 komentar.

Setelah ditelusuri, dengan kata kunci “togognews.com” lamannya tidak ditemukan. Selain itu foto yang dicantumkan dalam artikel tersebut merupakan foto Ali Mochtar Ngabalin saat bertemu Presiden Joko Widodo. Ali Mochtar ditunjuk sebagai Staf Ahli di Kantor Staf Kepresidenan pada 2018 lalu.

Sehingga, klaim mengenai Ali Mochtar Ngabalin yang berkata bahwa Jokowi adalah keturunan Nabi Sulaiman termasuk hoaks dengan kategori konten yang menyesatkan.

= = = = =
[REFERENSI]:

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/GKdpD0eK-cek-fakta-ali-mochtar-ngabalin-sebut-jokowi-keturunan-nabi-sulaiman-ini

https://kabar24.bisnis.com/read/20191212/79/1180715/cerita-dari-sudut-istana-ini-sebabnya-kubu-jokowi-rekrut-ali-mochtar-ngabalin

https://news.detik.com/berita/d-4033943/ali-mochtar-ngabalin-jadi-tenaga-ahli-utama-kantor-staf-presiden

Copyright ©


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *