Cek Fakta: [SALAH] “Pembelaan Raja Agung Sejagad: Yang Plonga Plongo Bisa Jadi Pemimpin, Masa Saya Ndak Boleh Jadi Raja?”

By on Kamis, 16 Januari 2020
[SALAH] “Pembelaan Raja Agung Sejagad: Yang Plonga Plongo Bisa Jadi Pemimpin, Masa Saya Ndak Boleh Jadi Raja?”

Tampilan layar media daring yang dibagikan akun Facebook Putra Inka atau @dennissikobo.taww dengan judul “Pembelaan Raja Agung Sejagad: Yang Plonga Plongo Bisa Jadi Pemimpin, Masa Saya Ndak Boleh Jadi Raja?” adalah tidak benar dan hasil suntingan.

Aslinya diambil dari berita kompas.com berjudul “Viral Raja Kerajaan Agung Sejagat, Ternyata Pernah Dirikan Jogja DEC” yang ditayangkan pada Rabu, 15 Januani 2020, pukul 05.30 Wib dengan penulisnya Nur Rohmi Aida dan Editornya, Rizal Setyo Nugroho.

 

KATEGORI: Manipulated Content

 

SUMBER: Media Sosial Facebook

=====

NARASI:

1. “Pembelaan Raja Agung Sejagad: Yang Plonga Plongo Bisa Jadi Pemimpin, Masa Saya Ndak Boleh Jadi Raja?,” posting akun Facebook Putra Inka atau @dennissikobo.taww, Rabu (15/1).

2. “Waduh Bisa Kena Pasal Makar Nich Raja Agung Sejagad,Dan Pasti Di Cap Radikal Sama kaum Dungu Cebong,Kok Esepsinya Tepat Banget Sich Bikin Kaum Dungu Pada Emosi Dan Marah”Pastinya,Sabar Yach Bong Yang Ngomong Itu Raja Sejagad Lho,Benar Ndak Pemirsa Yg Di Omongkan Raja Agung Sejagad Ini,.??Yg Oon Saja Bisa Jd Plesiden Masa Dia Ga Boleh Jd Raja Sich,” tulis akun @dennissikobo.taww, Rabu (15/1).

=====

PENJELASAN:

Akun Facebook Putra Inka atau @dennissikobo.taww mengunggah screenshot atau tampilan layar yang menayangkan berita dari media daring dengan judul “Pembelaan Raja Agung Sejagad: Yang Plonga Plongo Bisa Jadi Pemimpin, Masa Saya Ndak Boleh Jadi Raja?” pada Rabu, 15 Januari 2020. Dalam unggahannya tersebut, akun @dennissikobo.taww juga menambahkan narasi dengan mendiskreditkan presiden. Berikut isi lengkapnya:

“Waduh Bisa Kena Pasal Makar Nich Raja Agung Sejagad,Dan Pasti Di Cap Radikal Sama kaum Dungu Cebong,Kok Esepsinya Tepat Banget Sich Bikin Kaum Dungu Pada Emosi Dan Marah”Pastinya,Sabar Yach Bong Yang Ngomong Itu Raja Sejagad Lho,Benar Ndak Pemirsa Yg Di Omongkan Raja Agung Sejagad Ini,.??Yg Oon Saja Bisa Jd Plesiden Masa Dia Ga Boleh Jd Raja Sich,” tulis akun @dennissikobo.taww, Rabu (15/1).

Setelah ditelusuri melalui mesin pencari, faktanya tampilan layar dari media daring yang diunggah akun @dennissikobo.taww bukanlah berjudul “Pembelaan Raja Agung Sejagad: Yang Plonga Plongo Bisa Jadi Pemimpin, Masa Saya Ndak Boleh Jadi Raja?”. Aslinya adalah berita dari medi daring kompas.com yang berjudul “Viral Raja Kerajaan Agung Sejagat, Ternyata Pernah Dirikan Jogja DEC”.

Artikel dari kompas.com tersebut ditayangkan pada Rabu, 15 Januani 2020, pukul 05.30 Wib dengan penulisnya Nur Rohmi Aida dan Editornya, Rizal Setyo Nugroho.

Dengan begitu, unggahan tampilan layar yang ditayangkan oleh akun @dennissikobo.taww dapat masuk ke dalam kategori Manipulated Content atau Konten yang Dimanipulasi. Definisinya menurut First Draft adalah ketika informasi atau gambar yang asli dimanipulasi untuk menipu.

=====

REFERENSI:

1. https://archive.md/1mbxM
2.https://www.facebook.com/groups/2014561055522583/permalink/2376814492630569/
3.https://www.kompas.com/tren/read/2020/01/15/053000265/viral-raja-kerajaan-agung-sejagat-ternyata-pernah-dirikan-jogja-dec?page=all#page3

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1089979934667874/

Copyright ©