Connect with us

Beredar sebuah artikel yang viral di media sosial dengan judul seperti diatas yang mencatut nama media daring suara.com. Artikel yang viral tersebut kali pertama disebar oleh akun Facebook bernama @fpsuaradotco atau Suaradotco. Akun Facebook tersebut memakai lambang serupa dengan yang digunakan oleh laman media daring Suara.com. (Selengkapnya di bagian penjelasan)

======

[KATEGORI]: KONTEN TIRUAN

Advertisement

======

[SUMBER]: MEDIA SOSIAL

======

[PENJELASAN]:

Advertisement

Beredar sebuah unggahan yang mencatut logo media daring suara.com dengan judul artikel “Secara Dejure Megawati – Prabowo Presiden & Wapres 2019 -2024” viral di media sosial.

Melalui portal websitenya, Suara.com membantah pernah menerbitkan artikel tersebut. Artikel yang viral itu kali pertama disebar oleh akun Facebook bernama @fpsuaradotco atau Suaradotco.

Akun Facebook tersebut memakai lambang serupa dengan yang digunakan oleh laman media daring Suara.com. Karenanya, banyak warganet mengira artikel tersebut diproduksi dan disebar oleh redaksi Suara.com.

Namun, Redaksi Suara.com tidak pernah memproduksi artikel berjudul “Secara Dejure, Megawati-Prabowo Presiden & Wapres 2019-2024”.

Ketika ditelusuri, tautan artikel yang disebar akun Facebook Suaradotco tersebut berasal dari laman bernaam idtoday.co.

Advertisement

Redaksi Suara.com menegaskan, laman idtoday.co yang tak disertai boks redaksi sebagai salah satu syarat media massa tersebut, bukan bagian dari PT Arkadia Digital Media.

Untuk diketahui, PT Arkadia Digital Media adalah perusahaan yang menaungi Suara.com.

Redaksi Suara.com menilai akun Facebook @fpsuaradotco atau Suaradotco telah merugikan nama baik jurnalisnya maupun publik.

Sebab, dengan menggunakan logo Suara.com, akun Facebook tersebut membuat disinformasi mengenai pihak yang memproduksi artikel berjudul “Secara Dejure, Megawati-Prabowo Presiden & Wapres 2019-2024”.

Saat ini, akun Facebook @fpsuaradotco atau Suaradotco tersebut sudah tak lagi bisa diakses oleh publik. Sementara artikel di laman daring idtoday.co masih bisa diakses.

Advertisement

======

REFERENSI:

https://www.idtoday.co/2019/10/secara-dejure-megawati-prabowo-presiden.html

https://www.suara.com/news/2019/10/28/200426/logo-suaracom-dicatut-untuk-sebar-artikel-soal-megawati-dan-prabowo

Namun, Redaksi Suara.com tidak pernah memproduksi artikel berjudul “Secara Dejure, Megawati-Prabowo Presiden & Wapres 2019-2024”.

Posted by Suaradotcom on Monday, October 28, 2019

Advertisement

https://kominfo.go.id/content/detail/22448/disinformasi-suaracom-unggah-artikel-berjudul-secara-dejure-megawati-prabowo-presiden-wapres-2019-2024/0/laporan_isu_hoaks

https://connect.facebook.net/en_US/sdk.js#xfbml=1&version=v5.0

Copyright ©

Advertisement

Populer