Cek Fakta: [SALAH] Ulang Tahun Whatsapp ke-11 Gratis Kuota 35 GB

By: Minggu, 2 Agustus 2020
[SALAH] Pesan Berantai Ulang Tahun Whatsapp ke-11 Gratis Kuota 35 GB

Pesan berantai yang menyebutkan WhatsApp bagi-bagi kuota 35 GB adalah Hoaks Lama yang Bersemi Kembali (HLBK). Pesan tersebut telah beredar pada tahun-tahun sebelumnya. Domain resmi dari WhatsApp hanya www.whatsapp.com.

Hasil Periksa Fakta Rizky Abdul Aziz (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia).

 

= = = = =

KATEGORI: KONTEN PALSU

= = = = =

SUMBER: WhatsApp

= = = = =

NARASI:

“WhatsApp :birthday: 11 tahun sukses

Dapatkan 35 GB Internet gratis untuk semuaoperator seluler: berlaku selama 6 bulan.

Aktifkan layanan gratis ini sekarang :arrow_heading_down: https://One/ [dot] buzz/id-4g-3g”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar pesan berantai Whatsapp yang menginformasikan pihak Whatsapp memberikan kuota internet gratis sebesar 35 GB dalam rangka merayakan 11 tahun Whatsapp. Dalam narasinya pesan tersebut menyertakan tautan untuk mengaktifkan layanan.

Setelah ditelusuri, pesan tersebut masuk kategori Hoaks Lama yang Bersemi Kembali (HLBK). Pesan tersebut pernah beredar pada tahun 2018 lalu dan dibantah dengan artikel berjudul ‘[SALAH] “WhatsApp:
Hari jadi ke-9”’ oleh turnbackhoax.id yang tayang pada tanggal 28/07/2018 silam. Kala itu narasi yang disajikan adalah ulang tahun Whatsapp ke 9 yang memberikan kuota 20 GB dan tautan berbeda.

Pada tahun 2019, dilansir dari kominfo.go.id pesan ini kembali beredar dengan narasi yang berubah yakni ulang tahun Whatsapp ke 10 dan kuota sebesar 35 GB. Tautan yang dicantumkan juga berbeda dari tahun
sebelumnya. Kini pesan tersebut mengalami sedikit perubahan lagi yakni ulang tahun ke 11 dan mencantumkan tautan baru lagi.

Perlu diketahui bahwa tautan resmi dari Whatsapp hanya www.whatsapp.com. Perusahaan Whatsapp tidak memiliki tautan resmi lainnya. Dari penelusuran di atas, pesan berantai ulang tahun Whatsapp ke 11 memberi kuota 35 GB adalah Konten Palsu.

= = = = =

REFERENSI:

https://kominfo.go.id/content/detail/16231/hoaks-whatsapp-ulang-tahun-ke-10-dapatkan-35-gb-internet-gratis/0/laporan_isu_hoaks&ved=2ahUKEwiA96TKv_LqAhWbIbcAHTrhB8gQFjALegQICBAB&usg=AOvVaw2b8rlaSzWDinuW-D5djf3P

https://tekno.tempo.co/amp/1168674/benarkah-wa-bagi-bagi-kuota-gratis-jubir-whatsapp-hoaks&ved=2ahUKEwiA96TKv_LqAhWbIbcAHTrhB8gQFjAMegQIAhAB&usg=AOvVaw0Ts7dRXGW9IEs9LgduteF6&ampcf=1

https://www.whatsapp.com/

Copyright ©


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *