Cek Fakta: [SALAH] Wilayah NKRI Dikencingi Drone China, Menhan Prabowo Sebut China Negara Sahabat

By: Kamis, 7 Januari 2021
[SALAH] Terkait Drone China, Prabowo Mengatakan China Adalah Negara Sahabat

Hasil periksa fakta Aisyah Adilah (Anggota Komisariat MAFINDO Institut Ilmu Sosial Ilmu Politik Jakarta)

Faktanya, video tersebut merupakan video tahun lalu terkait polemik China di Perairan Natuna. Sehingga tidak ada keterkaitan antara pernyataan Prabowo dengan drone yang ditemukan.

= = = = =

[KATEGORI]: KONTEN YANG SALAH

= = = = =

[SUMBER]: TWITTER
https://archive.vn/t1n0v

= = = = =

[NARASI]:

Wilayah NKRI Dikencingi Drone China. Menhan : China Negara Sahabat !!

= = = = =

[PENJELASAN]:

Akun Twitter @cobeh09 men-tweet sebuah video yang memperlihatkan Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto yang mengatakan “kita masing-masing punya sikap ya kita harus mencari suatu solusi yang baiklah. Diujungnya saya kira kita bisa dapatkan solusi yang baik. Ya saya kira kita harus selesaikan dengan baik. Bagaimana pun China adalah negara sahabat,” cuplikan video tersebut diberi keterangan bahwa wilayah NKRI telah ternodai drone China namun Menteri Pertahanan mengatakan bahwa China adalah negara sahabat.

Setelah ditelusuri, video tersebut merupakan video setahun lalu yang diunggah di Channel Youtube KOMPASTV pada 4 Januari 2020 lalu. Komentar tersebut dilontarkan saat adanya polemik China di Perairan Natuna.

Sebelumnya, TNI Angkatan Laut (TNIAL) mengungkapkan benda mirip pesawat yang ditemukan nelayan di perairan Selayar, Sulawesi Selatan, merupakan sea glider atau kendaraan bawah laut nirawak. Alat itu tidak berfungsi untuk aktivitas intelijen.

“Alat ini banyak digunakan untuk keperluan survei atau mencari data oseanografi di laut, di bawah lautan. Ini bisa diakses melalui website oleh semua yang bisa mengakses data,” ujar Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono saat memberikan keterangan resmi mengenai temuan sea glider di Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal), Ancol, Jakarta.

Sehingga, klaim mengenai Prabowo yang mengatakan China adalah negara sahabat terkait drone China yang ditemukan di Sulawesi Selatan termasuk hoaks dengan kategori konten yang salah.

= = = = =

[REFERENSI]:

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/ObzZm60b-prabowo-sebut-tiongkok-negara-sahabat-terkait-drone-yang-ditemukan-di-perairan-indonesia-ini-faktanya

https://mediaindonesia.com/politik-dan-hukum/374018/tni-al-teliti-temuan-sea-glider-di-sulsel

Sumber: Turnbackhoax


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *